Borneo Hits

Jemaah Haji Batola Mulai Tempati Asrama, Berangkat ke Tanah Suci Selepas Tengah Hari

Diiringi lambaian tangan anak, orang tua, kerabat dan sahabat, ratusan jemaah haji Barito Kuala (Batola) bertolak ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjar

Featured-Image
Suasana pelepasan jemaah haji Barito Kuala di Masjid Nurul Anwar Marabahan, Selasa (21/5). Foto: bakabar.com/Bastian

bakabar.com, MARABAHAN - Diiringi lambaian tangan anak, orang tua, kerabat dan sahabat, ratusan jemaah haji Barito Kuala (Batola) bertolak ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa (21/5).

Pelepasan jemaah dilakukan di dua tempat berbeda. Sebanyak 101 jemaah yang berdomisili di Marabahan dan sekitarnya, berangkat mulai Masjid Nurul Anwar selepas salat zuhur.

Meski baru berangkat sekitar pukul 13.00 Wita, sejumlah jemaah sudah berdatangan menggunakan berbagai jenis mobil mulai pukul 09.00 Wita.

Kemudian sebanyak 102 jemaah yang tinggal di Alalak dan sekitarnya, bertolak dari Masjid Jamhuri Aisyah mulai pukul 13.00 Wita.

"Khusus jemaah risiko tinggi dan lanjut usia, kami menyiapkan mobil khusus, ditambah ambulans dan tenaga kesehatan," papar Syaukani, Kasi Binmas Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batola.

Seperti keberangkatan tahun-tahun sebelumnya, suasana haru bercampur gembira mewarnai pelepasan jemaah.

Mereka haru lantaran meninggalkan harus meninggalkan orang tua maupun anak selama sekitar sebulan. Namun juga gembira, karena beberapa jam lagi akan berada di Tanah Suci.

Terlebih beberapa jemaah sempat tertunda berangkat akibat pandemi Covid-19. Wabah ini yang membuat pemerintah membatalkan keberangkatan jemaah di musim haji 2020.

Setahun berselang pemerintah kembali menyelenggarakan haji, tetapi dikhususkan kepada jemaah yang berusia di bawah 65 tahun.

"Alhamdulillah sekarang bisa berangkat ke Tanah Suci, setelah sempat tertunda setahun," papar Sadikin, salah seorang jemaah yang tinggal di Marabahan.

"Mudahan kami selalu dalam kondisi sehat ketika berangkat maupun pulang, serta dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk," sambung pria berusia 67 tahun ini.

Total 202 jemaah haji asal Batola tergabung di Kloter BDJ 08. Untuk melengkapi jumlah kelompok terbang, mereka digabung bersama 99 jemaah haji dari Kalimantan Tengah.

Sesuai dengan jadwal, Kloter BDJ 08 bertolak dari Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru dengan nomor penerbangan GIA 982, Rabu (22/5) pukul 14.20 Wita.

Mereka dijadwalkan tiba di King Abdulaziz International Airport di Jeddah sekitar pukul 21.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

Adapun kepulangan Kloter BDJ 08 dijadwalkan 2 Juli 2024. Berangkat dari King Abdulaziz International Airport pukul 18.25 WAS, mereka dijadwalkan tiba 3 Juli 2024 di Bandara Syamsudin Noor pukul 10.45 Wita.

Editor


Komentar
Banner
Banner