Musim Haji 2023

Jemaah Haji Asal Surabaya Wafat jelang Diterbangkan ke Tanah Suci

Seorang calon jemaah haji asal Surabaya, Moh Kiwau (65) dinyatakan meninggal dunia saat hendak berangkat ke Asrama Haji Surabaya, kemarin (23/5).

Featured-Image
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Pastikan ahli waris bisa gantikan CJH yang berhalangan berangkat (24/5). Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

bakabar.com, SURABAYA - Seorang calon jemaah haji asal Surabaya, Moh Kiwau (65) dinyatakan meninggal dunia saat hendak berangkat ke Asrama Haji Surabaya, kemarin (23/5).

Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram memastikan ahli waris jemaah haji tersebut akan menggantikan untuk menunaikan ibadah haji yang akan diterbangkan dalam kloter 2 embarkasi Surabaya.

Mendiang Kiwau seharusnya tiba di Asrama Haji Surabaya pukul 11.00 WIB kemarin (23/5). Namun, takdir berkata lain, Kiwau dinyatakan meninggal dunia pukul 07.05 WIB di rumahnya, kawasan Wiyung, Surabaya.

Baca Juga: Antre 11 Tahun, Marti Semringah Berkesempatan Tunaikan Ibadah Haji

Menurut Husnul, Kiwau saat itu sedang bersiap menuju pelepasan di Islamic Center Surabaya. Saat hendak berangkat, Kiwau merasa kepalanya pusing dan akan pingsan.

“Tapi tidak ada penjelasan riwayat penyakit yang diderita almarhum," kata Husnul saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Rabu (24/5).

Namun Kemenag Jatim memastikan ahli waris Kiwau bisa menggantikan keberangkatan pada haji tahun ini. Kini, proses administrasinya tengah diurus oleh Kemenag Jatim.

“Anaknya yang akan menggantikan, sedang diproses administrasinya,” ucap Husnul.

Baca Juga: 5 Calon Jemaah Haji Asal Batam Batal Berangkat ke Tanah Suci

Husnul menerangkan Kemenag Jatim selalu mengusahakan kursi jemaah haji tetap penuh. Sebab jika ada jemaah yang berhalangan hadir, maka penggantinya segera dicarikan.

“Tahun kemarin hanya satu yang open seat (tidak berangkat), tahun ini kami usahakan tidak ada kursi kosong,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner