Tak Berkategori

Jelang Ramadan, Travel di Kalsel Kebanjiran Orderan Umrah

apahabar.com, BANJARMASIN – Selama Ramadan, umat Islam di Kalimantan Selatan rupanya berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah puasa…

Featured-Image
Suasana berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Selama Ramadan, umat Islam di Kalimantan Selatan rupanya berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah puasa di Arab Saudi. Sejumlah tour and travel di Kalimantan Selatan pun kebanjiran orderan.

PT Ma’ali Wisata Banjarmasin misalnya, bakal tujuh kali memberangkatkan jemaah umrah dengan sebanyak 400 jamaah saat Ramadan kali ini.

“Meningkat dari bulan biasanya,” sebut Ustadz Muhammad Irhami owner PT Ma’ali Wisata Banjarmasin, kepada bakabar.com, Sabtu (4/5).

Baca Juga: Sambut Ramadan; Marbut Masjid Raya Sabilal Muhtadin Dituntut Bekerja Ekstra

Menurutnya, kenaikan jumlah keberangkatan tak terlepas dari keyakinan para calon jemaah untuk meraih pahala berlipat dengan berpuasa di tanah suci. Jemaah yang berangkat didominasi warga Banjarmasin.

“Kalo di bulan puasa ini kan segala ibadah akan diberikan ganjaran berlipat. Apalagi jika kita bisa berpuasa di Makkah dan Madinah. Beberapa Hadits menyebutkan keistimewaan dapat berpuasa di tanah suci. Sehingga umat Islam yang mampu berangkat ke tanah suci jadi berbondong-bondong. Selain melaksanakan umrah juga dapat keistimewaan berpuasa di tanah suci,” sambung

PT Ma’ali Wisata membagi 400 jamaah tersebut ke beberapa tanggal keberangkatan. Terhitung sejak 29 April dengan sebanyak 90 jamaah, lalu 1 Mei 2019 sebanyak 85 jamaah, kemudian 11 Mei sebanyak 120 jemaah. Dilanjutkan 14 Mei sebanyak 80 jemaah dan 17 Mei sekitar 40 jamaah.

“Jadi kami dari awal sampai dengan akhir Ramadan terus ada memberangkatkan jamaah,” terangnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Makam Abah Guru Sekumpul Ramai Peziarah

Dibandingkan 2018 lalu, jamaah yang berangkat melalui PT Ma’ali Wisata mengalami lonjakan. “Kalau tahun lalu ada 250 jemaah. Kali ini naik sekitar 60 persen,” imbuh Irham.

Sedangkan, jika dilihat secara keseluruhan, dia menyebut ada sekitar 3.000 lebih jemaah sepanjang 2019 ini, “Dibandingkan tahun lalu sekitar 2.000 jamaah saja,” jelasnya.

Dalam wisata religi selama Ramadan, PT Ma’ali Wisata mengaku mengedepankan kenyamanan jemaah. Makanya, sejumlah fasilitas pun diberikan. Mulai dari penginapan hotel bintang empat, bus dan makan bagi para jemaah.

“Selebihnya adalah perjalanan ke luar negeri di luar beribadah umrah seperti umrah plus ke Mesir, Turki, Palestina, maupun negara lain telah diakomodir,” pungkasnya.

Serupa dengan PT Ma’ali, tour dan travel lain seperti PT Al Taif Martapura mengaku bakal memberangkatkan ratusan jemaah sebanyak dua kali keberangkatan selama Ramadan ini.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Grup Mahabbah Tour Ziarah Makam Aulia Allah

Selain keduanya, ada pula PT Pancar Tour di Sekumpul, Martapura, dan PT Bagus Tour & Travel Banjarmasin. Untuk Ramadan kali ini, masing-masing memberangkatkan jemaah sebanyak dua kali saat Ramadan.

“Jemaah menganggap beribadah umrah dan puasa di sana pahalanya lebih besar. Apalagi jika jemaah sudah pernah merasakan beribadah umrah sekaligus berpuasa di tanah suci, karna sudah merasa nyaman berpuasa di Makkah maka jamaah ingin berangkat terus,” kata Ustadz Irhami.

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner