News

Jelang Ramadan Harga Bahan Kue Merangkak Naik

Sebulan jelang bulan puasa, harga bahan baku kue terpantau mengalami kenaikan.

Featured-Image
Pedagang bahan kue di Pasar Jatinegara. (Foto: apahabar.com/Andrey)

bakabar.com, JAKARTA - Sebulan jelang bulan Ramadan, harga bahan baku kue terpantau mengalami kenaikan. Di Pasar Jatinegara, harga tepung terigu sebelumnya Rp10.500/kg awal bulan Januari, sekarang naik menjadi Rp 12.000/kg. Sedangkan gula naik menjadi Rp15.000, sebelumnya harga gula  Rp14.500/kg. 

Sementara itu, kenaikan cukup tinggi terjadi pada mentega. Sedangkan harga mentega dengan merk populer di masyarakat, harganya juga naik dari Rp85.000/kg menjadi Rp100.000/kg.

Harga beberapa bahan kue diketahui mulai naik pada tanggal 1 Februari. "Mulai awal bulan ini, semua pada naik, tepung terigu, mentega, gula, cokelat, susu, dan selai naik," kata Ali (45) salah satu penjual bahan kue di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Baca Juga: Emak-emak, Catat Nih! 14 Komoditas Pangan yang Naik Seminggu Terakhir

Ali mengaku biasanya mentega dengan kualitas bagus bisa terjual hingga 100 kg perhari pada bulan sebelumnya. Namun sejak kenaikan harga, mentega dengan kualitas premium tidak sampai terjual sampai angka tersebut.

"Banyakan sekarang pakai mentega yang lebih murah, mas. Dulu sehari bisa 100 kg, sekarang kira-kira 75 kg paling mentok," ujar Ali.

Kenaikan harga dikeluhkan sejumlah warga yang berjualan kue karena terpaksa mengurangi keuntungan. Maya (35) warga Matraman yang biasa membuat pesanan kue mengeluhkan kenaikan harga tersebut.

"Iya nih Mas, naik semua, mau gimana lagi, yang penting ada untung dikit nggak apa-apa," ujarnya kepada bakabar.com, Senin (13/2).

Baca Juga: Stabilkan Harga Komoditas Pangan, Gubernur Jatim Sidak Operasi Pasar

Maya kembali mengatakan, meskipun harga bahan naik ia tetap menjual dengan harga sama, namun ukuran dan beratnya dikurangi. "Biasanya saya 1 toples kue ukuran 250 gr saya jual Rp 35 ribu, sekarang saya kurangi jadi 220 gram," ujarnya.

Maya mengaku selama ini membuat kue dengan sistem pre order di mana kue tersebut ditawarkan ke beberapa kolega dan pelanggan. Setelah mencapai kuota pesanan baru kue tersebut diproduksi.

"Biasanya saya belanja seluruh bahan kue untuk minimal untuk 5 kg kue jadi, kalau ditotal kira-kira Rp 400 ribu, sekarang bisa Rp 500 ribuan, bisa lebih," imbuhnya.

Baca Juga: Stabilkan Harga Komoditas Pangan, Gubernur Jatim Sidak Operasi Pasar

Hal senada juga diungkapkan oleh Wiwil (47), salah satu pembeli yang di Pasar Jatinegara yang biasa membuat kue pesanan. Ia mengatakan agar biaya produksi tidak naik, ia mengakalinya dengan mengganti beberapa bahan baku dengan harga yang lebih murah.

"Mungkin mentega, biasanya pake Blueband, kita ganti pake merk lain yang lebih murah. Jadi kita nggak naikin harga kalau ada pesanan," terangnya.

Editor
Banner
Banner