Pengembangan Pertanian

IKN Pindah, Loa Kulu Genjot Sektor Pertanian

Kecamatan Loa Kulu terus berbenah dan besolek menjelang Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Featured-Image
Camat Loa Kuku, Ardiansyah.Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Kecamatan Loa Kulu terus berbenah dan mengembangkan diri menjelang Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas.

Kecamatan Loa Kulu sampai saat ini bisa dikatakan sukses mengembangkan sektor Pertanian, Peternakn dan Perikanan. Bahkan beberapa sektor telah berhasil berinovasi dengan hilirisasi.

Baca Juga: Buah Manis Kerja Pemkab, Tak Ada Lagi Desa Sangat Tertinggal di Kukar

Ia mencontohkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Purnama milik Desa Loa Sumber yang sukses mengolah padi petani setempat menjadi beras produksi berkualitas.

Selain itu ada pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe yang saat ini tengah dalam tahap finisih sebelum beroperasi di Desa Jonggon Jaya.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Di Kecamatan Loa Kulu juga terdapat perkebunan kelapa sawit beserta pabriknya. untuk sektor peternakan, Kecamatan Loa Kuku memiliki banyak peternak sapi yang sukses menggembalakan sapi di lahan pascatambang.

“Artinya ini merupakan upaya kita untuk dapat bermitra dengan IKN Nusantara dari sektor pangan,” kata Ardiansyah, Kamis (12/10).

Ia menambahkan, untuk pengembangan wilayah Kecamatan Loa Kuku lebih lanjut, pihaknya akan menyusun rancangan strategis pengembangan wilayah Kecamatan Loa Kulu bersama dengan pihak Badan Otorita.

Baca Juga: Dorong Cuan UMKM, Disperindag Kukar Minta Pelaku Usaha Pakai E-Katalog

Nantinya kata dia, penataan ruang di Kecamatan Loa Kulu akan dilakukan berdasarkan skala prioritas. Untuk itu, pihaknya tengah fokus membangun Sumber Daya Manusi (SDM), agar dapat bersaing dengan kedatangan penduduk ke IKN Nusantara.

“Baik itu dari pertanian, perikanan, dan perkebunan itu sudah di persiapkan di Loa Kulu. Jadi Loa Kuku sedang ditata ruang wilayahnya oleh pihak Otorita IKN. Jadi kita hanya menunggu saja kapan dari otorita ini untuk bisa pengembangan proyek strategis,” pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar).

Editor


Komentar
Banner
Banner