Nasional

Jelang Nataru, Kotim Bangun Pos Pengamanan Masuk Kota Sampit

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), sejumlah pos pengamanan akan ditempatkan pada titik-titik perbatasan memasuki Kota Sampit

Featured-Image
Bupati Kotim Halikinnor saat menyampaikan arahannya dalam Rapat Koordinasi Nataru, di Rumah Jabatan (Rujab), Senin (18/12/2023) - Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), sejumlah pos pengamanan akan ditempatkan pada titik-titik perbatasan memasuki Kota Sampit, Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Upaya tersebut dilakukan guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), yang merayakan natal, serta liburan ke tempat-tempat wisata di wilayah Bumi Habaring Hurung ini.

"Tadi ada beberapa yang kita bahas pertama pos-pos yang seperti biasa kita di daerah-daerah perbatasan, seperti Kecamatan Cempaga Hulu titiknya di Desa Pelantaran, Kecamatan Telawang ada diperbatasan simpang Desa Sebabi, dan di Kecamatan Teluk Sampit ada di Desa Ujung Pandaran," kata Bupati Kotim Halikinnor, usai memimpin Rapat Koordinasi Nataru, Senin (18/12/2023).

Ada beberapa wilayah yang akan menjadi tempat tujuan berlibur masyarakat di Kabupaten Kotim ini, salah satunya pantai Ujung Pandaran.

Pada libur dan hari-hari besar keagamaan kawasan obyek wisata alam pantai ujung pandaran selalu dipadati puluhan ribu masyarakat berkunjung kesana, baik itu dari masyarakat Kotim maupun luar daerah.

"Biasanya warga kita pada Nataru itu berlibur kebanyakan ke wilayah objek wisata, untuk itu kita sudah siapkan tanggal 21 akan diadakan gelar pasukan sebagai persiapan pengamanan nataru sekaligus pos-pos pengamannya," jelasnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang maupun terjadi keterlambatan kedatangan kapal yang berangkat melalui Pelabuhan Sampit, Pemerintah Kabupaten Kotim juga akan menyediakan tempat penampungan sementara agar pemudik bisa terayomi dengan baik.

"Sementara menunggu kapal, selain tempat penampungan, kita juga akan siapkan transportasinya. Jadi semua kegiatan kita antisipasi biar masyarakat bisa terlayani dengan nyaman saat mereka ingin mudik maupun berlibur," terangnya.

Halikinnor menambahkan, untuk menjaga keamanan perayaan natal Pemkab Kotim juga akan menggelar patroli gabungan dengan melibatkan Polri, TNI, Organisasi Masyarakat serta sejumlah Instansi pemeritah terkait.

"Pada saat malam Natal dan malam tahun baru, biasanya Forkopimda sama-sama untuk memantau situasi dan kondisi keamanan kita semua," papar Halikinnor.

"Tapi kita berharap mudah-mudahan nataru tahun ini tetap berjalan aman dan kondusif," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner