Mudik Nataru

Jelang Natal, Penumpang dari Terminal Kalideres Tembus Ribuan Orang

Satu hari menjelang perayaan Natal, jumlah penumpang bus di terminal Kalideres mengalami penurunan. 

Featured-Image
Bus AKAP berjejer di terminal Kalideres Jakarta Barat, Sabtu (24/12). Foto: apahabar.com/Thomas

bakabar.com, JAKARTA - Satu hari menjelang perayaan Natal, jumlah penumpang bus di Terminal Kalideres mengalami penurunan. Meskipun demikian sudah ada ribuan penumpang yang berangkat di hari sebelumnya.

Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain menjelaskan puncak keberangkatan libur Natal dan Tahun Naru sudah terjadi pada Jumat (23/12). 

"Penumpang di Terminal Kalideres terlihat mengalami penurunan dibandingkan kemarin tanggal 23 Desember 2022," ucapnya kepada apahabar.com saat ditemui di Terminal Kalideres Jakarta, Sabtu (24/12). 

Berdasarkan data yang ada, Revi mencatat jumlah keberangkatan penumpang di hari Jumat kemarin mencapai 1.051 orang dengan total bus sebanyak 97 armada. 

Baca Juga: Jelang Perayaan Natal, Kemenag Ingatkan Umat Nasrani Terapkan Prokes

Sementara berdasarkan data terakhir yang diterima bakabar.com per Sabtu (24/12) sampai pukul 13.00 WIB, bus yang berangkat sekitar 23 unit dengan penumpang sebanyak 146 orang. 

Adapun penumpang terbanyak didominasi rute ke pulau Sumatra, terutama kota Padang, menyusul beberapa kota lainnya seperti Palembang dan Lampung. 

"Di luar Sumatra ada Jawa Tengah dengan kota tujuan di antaranya ada Tegal, Pemalang, Pekalongan, Purwokerto dan Cilacap," terangnya. 

Baca Juga: Cerita Pemudik Bersabar Antre, Demi Rayakan Natal di Kampung Halaman

Dirinya memperkirakan sampai dengan Sabtu sore dan malam nanti, jumlah penumpang yang berangkat dari terminal bisa mencapai 500 orang. 

"Kalau kita lihat di ruang tunggu agak sepi ya, karena mepet juga, kan Natalnya sudah besok," imbuhnya. 

Hal itu dikarenakan perjalanan menggunakan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) membutuhkan waktu setidaknya 2 hari. 

"Jadi kemarin di hari Jumat itu puncaknya dan besok-besok sudah menurun sampai nanti arus balik," tutupnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner