Tak Berkategori

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Balangan Gelar Apel Pasukan Lilin Intan 2020

apahabar.com, PARINGIN – Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Sutikno Map pimpin Apel Gelar Pasukan…

Featured-Image
Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Sutikno periksa peserta apel. (ist)

bakabar.com, PARINGIN - Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Sutikno Map pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2020 yang digelar di Halaman Mapolres Balangan, Senin ( 21/12).

Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, Dandim 1001/Amt-Blg, Kejari Balangan, Ketua PN Paringin, sejumlah Kepala OPD, Ketua MUI Balangan dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik, Sutikno menyampaikan bahwa masih ada peningkatan kasus Covid-19, dengan begitu aktivitas di masyarakat Kabupaten Balangan harus berjalan dengan baik terarah dan terkendali dengan penerapan protokol kesehatan. Staf Ahli Bupati berharap perayaan natal dan tahun baru dapat dilaksanakan secara sederhana.

"Seperti biasa ada tradisi perayaan natal dan tahun baru, namun sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, maka akan di laksanakan dengan menerapkan keterbatasan-keterbatasan melalui operasi lilin Intan 2020. Keterbatasan itu adalah tidak ada perayaan natal secara besar-besaran, tetapi tetap hikmat. Dilarang merayakan tahun baru secara berlebihan, kembang api, petasan, dan pertunjukan berlebihan, demikian juga pembatasan di daerah kunjungan wisata," ujarnya.

"Jadi kami imbau kepada warga Balangan yang merayakan natal dan tahun baru agar bisa selalu menjaga dan mematuhi protocol kesehatan Covid-19," tegas Sutikno.

Sementara itu, Kapolres AKBP Nur Khamid menyampaikan bahwa apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan operasi lilin 2020 dalam rangka perayaan natal dan tahun baru 2020/2021 yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 15 hari, yang dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

" Perayaan natal dan tahun baru dirayakan secara Universal yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat-pusat keramaian. Peningkatan kegiatan sangat berpotensi menimbulkan gangguan, dengan mengedepankan kegiatan prefentif secara humanis dan penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat tetap bisa merayakan natal dan tahun baru secara aman" Ujar Kapolres usai apel.

Dalam pengamanan pelaksanaan natal dan tahun baru Polres Balangan Polda Kalsel sudah mempersiapkan 80 personel gabungan, polri 50 personil ,TNI, dan instansi terkait lainnya 30 personel.

"Personel-personel ini nanti selain melakukan patroli keliling khusus di daerah rawan juga standby di posko," ujarnya.

Ia juga berharap untuk seluruh jajaran yang bertugas dalam operasi lilin bisa antisipasi dan bertindak yang tepat dalam menangani gangguan yang ada.

Beberapa kewajiban yang harus disiapkan dalam bertugas, kata dia, menyiapkan fisik, lakukan deteksi diri, tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan, melaksanakan keamanan secara profesional dan humanis, laksanakan penegakan hukum secara proforsional, kerja sama, tetap menjadi teladan bagi masyarakat dan keluarga.

“Tidak ada pelaksanaan malam tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya, maka dari itu kita dukung kebijakan ini dengan menegakan kedisiplinan dan penegasan pada saat kegiatan malam tahun baru.”



Komentar
Banner
Banner