Sport

Jelang MotoGP Inggris: Inilah Target Valentino Rossi Sebelum Pensiun

apahabar.com, JAKARTA – Sebelum benar-benar pensiun, Valentino Rossi menargetkan selalu finis sepuluh besar. Target itu dimulai…

Featured-Image
Valentino Rossi bersama sang adik, Luca Marini, seusai finis di posisi delapan di MotoGP Austria, Minggu (15/8). Foto: GP One

bakabar.com, JAKARTA – Sebelum benar-benar pensiun, Valentino Rossi menargetkan selalu finis sepuluh besar. Target itu dimulai dari MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/8).

Valentino Rossi dipastikan gantung helm, setelah putaran terakhir MotoGP 2021 di Valencia yang berlangsung November 2021.

Namun menjelang pensiun, pencapaian salah seorang pebalap paling berpengaruh di MotoGP ini masih jauh dari harapan.

The Doctor hanya mampu bercokol di peringkat 19 klasemen pebalap dengan 28 poin. Sementara hasil terbaik diperoleh di MotoGP Austria, ketika finis kedelapan.

28 poin itu sendiri diperoleh dalam enam dari sebelas seri MotoGP yang telah bergulir. Statistik ini sedianya hampir tidak dapat dibenarkan.

Terlebih pria berusia 42 tahun tersebut punya 12 poin lebih sedikit dari Franco Morbidelli yang sudah absen tiga seri terakhir akibat cedera.

Lantas menjelang masa-masa pensiun, Valentino Rossi memperkuat tekad untuk selalu menembus jajaran sepuluh besar lagi hingga akhir musim.

Target itu baru dua kali mampu diraih di musim 2021. Selain di Austria, Valentino Rossi juga finis sepuluh besar di MotoGP Italia.

“Setelah menyatakan pensiun, bukan berarti saya akan menyerah. Kecelakaan di Portugal, Belanda dan Barcelona begitu buruk. Itu seperti bukan saya,” ungkap Rossi seperti dilansir MotorSport.

“Saya merasa mampu untuk menembus sepuluh besar. Itulah yang akan kami coba capai mulai sekarang hingga akhir tahun,” pungkasnya.

Valentino Rossi punya catatan apik di Silverstone, karena konsisten memperebutkan podium, kecuali ketika memperkuat Ducati di musim 2011 dan 2012.

Total Valentino Rossi mengoleksi empat podium dan salah satunya berupa kemenangan. Sedangkan di edisi 2013 dan 2019, The Doctor finis di posisi keempat.

Silverstone sendiri kembali menggelar MotoGP Inggris sejak 2010. Namun Valentino Rossi absen akibat patah tulang kaki di MotoGP Italia.

Kemudian di edisi 2018, seluruh balapan dibatalkan akibat sistem drainase sirkuit yang buruk dan membuat air menggenang meski hujan yang turun tak terlalu deras.

Sementara di musim 2020, MotoGP Inggris dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Pemenang terakhir atau MotoGP Inggris 2019 adalah Alex Rins.



Komentar
Banner
Banner