Sembako murah

Jelang Iduladha, Pemkot Palangka Raya Sediakan Paket Sembako Murah

DPKUKMP Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menyediakan ratusan paket sembako murah dalam kegiatan operasi pasar menjelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah.

Featured-Image
Warga Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, membeli paket sembako murah, yang dilaksanakan DPKUKMP setempat, Sabtu (24/6/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), menyediakan ratusan paket sembako murah dalam kegiatan operasi pasar menjelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah.

Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Kalteng, Sabtu (24/6), menjelaskan operasi pasar sembako murah yang dilaksanakan di Kelurahan Palangka dan Menteng, Kecamatan Jekan Raya tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat menjelang Iduladha.

"Total paket sembako murah atau yang disubsidi sebesar Rp50 ribu tersebut sebanyak 650 paket, 500 paket di Kelurahan Palangka dan 150 di Kelurahan Menteng," katanya.

Baca Juga: Pengendalian Inflasi, Kemenkeu: Berkat Terjaganya Harga Bahan Pangan

Dia menuturkan harga jual paket sembako yang berisi gula pasir dua kilogram, beras lima kilogram dan minyak goreng dua liter tersebut untuk harga normalnya di pasar tradisional harganya sebesar Rp150 ribu.

Namun, di operasi pasar sembako murah, masyarakat hanya menebus Rp100 ribu, sedangkan Rp50 ribunya disubsidi oleh pemkot dengan tujuan masyarakat dapat memanfaatkan uang Rp50 tersebut untuk membeli kebutuhan pangan lainnya.

"Sistem pembeliannya masyarakat tinggal mendatangi kelurahan dan membawa fotokopi KTP, dengan tujuan yang membeli benar-benar warga di kelurahan yang sudah ditentukan," terangnya.

Baca Juga: Jokowi: Harga Sembako di Bogor Terkendali

Samsul menambahkan dengan menggunakan sistem kupon dan fotokopi KTP tersebut tentunya kegiatan itu juga benar-benar tepat sasaran. Dua kelurahan tersebut dipilih, karena jumlah penduduknya cukup banyak.

"Maka dari itu, pemkot melaksanakan kegiatan tersebut di dua kelurahan tersebut. Kemudian kegiatan seperti ini juga akan dilaksanakan di sejumlah kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya," ujarnya.

Sementara itu, Syaidah, warga Kompleks Perumahan Sosial Kota Palangka Raya, mengaku sangat senang dengan adanya program tersebut.

"Kalau bisa diselenggarakan terus seperti ini, kami sangat terbantu dengan adanya operasi pasar sembako murah ini," ujarnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner