Kalsel

Jelang HUT RI ke-74, Paskibraka Pemprov Kalsel Giat Berlatih

apahabar.com, BANJARBARU – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tampak sibuk berlatih pemantapan gerak…

Featured-Image
Latihan pemantapan gerak Paskibraka Pemprov Kalsel di halaman Setda Prov Kalsel, Senin (5/8/2019). Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tampak sibuk berlatih pemantapan gerak di halaman Setda Provinsi Kalsel, Senin (5/8/2019).

Latihan itu dimulai sejak pukul 08.30 Wita seusai kegiatan apel gabungan Pemprov Kalsel, dan berakhir pada pukul 10.00 Wita.

“Latihannya 1 set yang terdiri dari latihan pengibaran dan penurunan yang bisa sampai 3 sampai 4 kali latihan,” ujar Pelatih, M.Edward.

Ada 39 orang Paskibraka yang terpilih dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel. Masing-masing dari kabupaten/kota mengirimkan 6 orang, yang terdiri dari 3 putra dan 3 putri.

“Pada saat seleksi nanti, kita ranking dengan tidak menentu ke 6 orang yang dikirim ini masuk,” ujar Edward.

Meski persiapan sudah mencapai 75 persen, namun perbaikan demi perbaikan masih dilakukan.

“Persiapan sudah 75 persen, yang perlu di perbaiki adalah manuver mereka, saat buka barisan dan formasi, saat akan mengibarkan bendera di depan tiang, masih banyaklah perbaikan,” ujarnya lagi.

Perbaikan pemantapan gerak itu dilakukan guna merapikan formasi terutama untuk pasukan pembawa nampan bendera yang akan menjadi pusat perhatian saat upacara 17 Agustus mendatang.

“Penempatan posisi yang membawa baki, pemimpin barisan dan sebagainya belum ditentukan ini masih memilih sesuai dengan karakter dan terampilnya mereka. Sampai saat ini kita masih perhatikan dan koreksi terus,” lanjutnya.

Namun, dapat dipastikan untuk pembawa baki pagi dan sore adalah orang yang berbeda.

“Beda orang yang membawa baki pada saat pengibaran di pagi hari dan saat penurunan di sore hari, itu nanti ada 4 orang yang terpilih dan pada saat hari H-nya baru kita tentukan siapa yang membawa baki baik pagi maupun sore,” paparnya.

Saat ditanya mengenai rencana perubahan pakaian Paskibraka wanita yang tadinya memakai rok, menjadi celana panjang, Edward mengatakan, “Kita masih menunggu keputusan dari Dispora yang menangani masalah perubahan pakaian itu, dan itu bukan masalah.”

Baca Juga: Motif Penyerangan Dini Hari di HST Akhirnya Terungkap

Baca Juga: Gubernur Molor, Rapat KUA APBD Kalsel Diskorsing

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner