Religi

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Petugas dan Relawan Terus Berjibaku Bersihkan Drainase

apahabar.com, MARTAPURA – Memasuki H-11 pelaksanaan Haul ke 15 Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin…

Featured-Image
Salah satu relawan Haul ke 15 Guru Sekumpul menggunakan alat penghancur beton untuk memastikan drainase tidak tersumbat sampah. Foto-apahabar.com/Mada

bakabar.com, MARTAPURA - Memasuki H-11 pelaksanaan Haul ke 15 Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, puluhan petugas dan relawan terus berjibaku membersihkan drainase. Mengingat intensitas hujan belakangan hari ini masih tinggi.

Seperti pembersihan drainase yang dilakukan di sebagian Jalan Sekumpul, khususnya di titik belum dibersihkan, Senin (17/2) sore. Nampak anggota Kodim 1006, Polres Banjar, Pemkab Banjar, Kantor Kelurahan Sekumpul, anggota posko induk dan relawan BPK serta masyarakat sekitar ikut terlibat.

Untuk memastikan tidak ada gorong-gorong yang tersumbat sampah, mereka mengerahkan alat penghancur beton dan motor tangki penyedot lumpur. Kali ini, benar-benar aliran air jadi fokus perhatian mereka.

"Dengan kita mengadakan kegiatan membersihkan drainase yang tersumbat ini, akan mebuat para jemaah menjadi nyamaan saat mengikuti kegiatan haul, dan tidak ada aroma yang tidak sedap tercium," ujar Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin.

Disamping itu, kata Marhusin, untuk memastikan agar tidak terjadi luapan air drainase saat hujan.

"Namun kami semua berdoa semoga saja pada saat acara berlangsung cuaca bersahabat," harapnya.

Dalam pembersihan terebut, pihaknya banyak mendapati sejumlah sampah yang menyubat. Dia sedikit menyayangkan masyarakat kurang peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar.

"Ini menjadi PR kita bersama, untuk ke depannya masyarakat harus turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, jangan saat menyapu halamannya dan membuang sampahnya ke dalam drainase," imbaunya.

Dari pantauan bakabar.com, untuk hari ini tadi baru dilaksanakan di Gang Bersama hingga ke Gang Solihin. Namun Marhusin memastikan bahwa pembersihan drainase ini akan terus dilakukan.

"Kegiatan ini akan kita lanjutkan besok malam lagi, hingga selesai titik-titik yang tersumbatnya," tandasnya.

Puncak Haul ke 15 Guru Sekumpul sendiri digelar Minggu (1/3) malam. Kali jemaah yang hadir diperkirakan 2 juta orang lebih.

Baca Juga: Update Haul Guru Sekumpul ke 15:Relawan Posko Induk Sibuk Pasang Rambu Penunjuk Arah

Baca Juga: Update Haul Guru Sekumpul ke 15, PLN Imbau Masyarakat Waspada Pasang Umbul-umbul

Baca Juga: Mengenang Abah Guru Sekumpul (17), Pejabat Kemenag RI AsalKalsel Punya Cerita

Baca Juga: Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15

Reporter: Ahc 15
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner