Nasional

Jelang Hari Kemerdekaan RI, Ratusan Pendaki Menuju Puncak Halau-Halau

ratusan pendaki melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Halau-Halau yang memiliki ketinggian 1901 Mdpl.

Featured-Image
Foto bersama seluruh peserta Pendakian Nasional Merah Putih Puncak Halau-Halau 2023 di Desa Hinas Kiri Kabupaten HST , Selasa (15/8/23). Foto Kodim 1002 HST.

apabahar.com, BARABAI - Untuk memperingati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-73 dan Hari Kemerdekaan RI ke-78, ratusan pendaki melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Halau-Halau yang memiliki ketinggian 1901 Mdpl.

Mengusung tema "Semangat Kemerdekaan, Revolusi Hijau", pelepasan 123 Pendaki Nasional Merah Putih dilaksanakan di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (15/8). Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Uniska Banjarmasin menjadi inisiator dari kegiatan ini. 

"Saat ini generasi muda sedang melaksanakan pendakian ke Puncak Halau-Halau. Harapannya semangat ini terus digelorakan, karena generasi muda adalah penerus bangsa", ucap Komandan Kodim 1002/HST, Letkol Kav Gagang Prawardhana, usai melepas ratusan pendaki.

Baca Juga: Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-78, Dinas Perpustakaan HST Gelar Dongeng Bersama

Baca Juga: Kebakaran di Sungai Jingah Banjarmasin; 2 Rumah Hangus Terbakar, 1 Milik Ketua RT

Tak hanya itu, Pendaki Nasional Merah Putih yang terdiri dari mahasiswa dan anggota organisasi pecinta alam juga akan melakukan penanaman pohon.

Setidaknya ada 150 pohon berbagai jenis seperti ulin, meranti, matoa, mangaris, maritam, trembesi dan kopi) yang akan ditanam di sepanjang jalur pendakian.

"Dengan adanya kegiatan ini kami harapkan bisa menanamkan rasa semangat kemerdekaan generasi penerus bangsa, dan mengisinya dengan hal-hal yang positif", kata Ketua Pelaksana Pendakian, Rizki Dwiyanto seraya berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat bagi generasi penerus bangsa.

Editor


Komentar
Banner
Banner