Fenomena Cuaca

Jateng Bakal Dilanda Hujan Petir Hingga Awal Pekan Depan

Jawa Tengah (Jateng) bakal dilanda hujan disertai petir dan angin kencang. Cuaca buruk itu diprakirakan terjadi periode 25-27 November.

Featured-Image
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto-Pexels.com

bakabar.com, SEMARANG - Jawa Tengah (Jateng) bakal dilanda hujan disertai petir dan angin kencang. Cuaca buruk itu diprakirakan terjadi periode 25-27 November.

Fenomena cuaca itu terjadi lantaran hangatnya suhu permukaan laut di wilayah perairan Laut Jawa.

"Kemudian, kelembapan udara yang cukup tinggi dan labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo, Sabtu (25/11).

Sambodo beserta BMKG mewanti-wanti masyarakat agar selalu waspada. Terhadap potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi pada periode tiga hari ke depan.

"Seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," ucapnya.

Prakiraan Wilayah yang Terdampak

Berikut prakiraan wilayah Jateng yang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Disertai petir dan angin kencang:

25 November 2023
Cilacap, Banyumas, Purbalingga,Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Kendal, Batang, Grobogan, Blora, Jepara, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Semarang, Surakarta, Magelang, Boyolali, dan sekitarnya.

Tanggal 26 November 2023
Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Pekalongan, Batang, Wonosobo, Tegal, Pemalang, Magelang, Temanggung, Semarang, Salatiga, Jepara, Sukoharjo, Karanganyar dan sekitarnya.

Tanggal 27 November 2023
Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Wonosobo, Surakarta, Sragen, Salatiga, Kab. Semarang, dan sekitarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner