TRAVEL

Jangan Salah Pilih! Ini 5 Gunung Terbaik di Indonesia untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih bagi pemula. Untuk itu, berikut rekomendasi gunung terbaik untuk pendaki pemula.

Featured-Image
Gunung Ngalenggeran dan 4 gunung lainnya yang cocok untuk pendaki pemula (Foto: hipwee)

bakabar.com, JAKARTA - Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang digandrungi masyarakat Indonesia, utamanya kawula muda. Menikmati panorama dari ketinggian sembari ditemani semilir angin, agaknya menjadi 'bayaran' yang pas usai berjam-jam lamanya mendaki gunung.

Namun, untuk mencapai kepuasan tersebut, tentu ada bahaya yang mengancam keselamatan. Mendaki gunung tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih bagi pemula. Medan yang berat - bahkan seringkali diterjang cuaca ekstrem - menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati.

Sebab itu, bagi pendaki pemula, disarankan untuk berlatih mendaki gunung pendek dengan medan perjalanan yang mudah terlebih dahulu. Merangkum berbagai sumber, berikut lima gunung terbaik yang cocok bagi pendaki pemula:

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta (700 mdpl)

Gunung yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini hanya memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Cukup rendah, bukan?

Medan Gunung Nglanggeran umumnya berupa jalur yang landai dan jalan setapak dari batu. Kondisi yang demikian membuat pendakian hanya memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam untuk sampai di puncaknya.

Sebagai informasi, Gunung Nglanggeran memiliki dua puncak terpisah, yakni Puncak Barat dan Puncak Timur. Akses jalan ke Puncak Barat memang lebih mudah, sehingga banyak pendaki memilih berkemah di sana. Namun, jika ingin melihat sunrise, maka bisa mendaki Puncak Timur.

2. Gunung Andong, Magelang (1.726 mdpl)

Tidak jauh dari Jogja, barangkali Anda bisa melanjutkan pendakian ke Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Tengah. Ketinggiannya yang hanya berkisar 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini membuat pendakian hanya memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Telebih lagi, jalur yang landai dan tertata rapi berbentuk tangga membuat pendakian tak terasa begitu berat. Tidak hanya itu, Gunung Andong juga memiliki papan petunjuk yang jelas, sehingga pendaki pemula tak perlu khawatir bakal tersesat.

Untuk diketahui, Gunung Andong memiliki empat puncak. Dari puncaknya itu, pendaki bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telomoyo. Pendaki juga dapat melihat puncak gunung lainnya, termasuk deretan perbukitan yang membentang serta panorama daerah Magelang dan sekitarnya.

3. Gunung Batur, Bali (1.717 mdpl)

Bali memang identik dengan keindahan pantainya. Namun, ternyata daerah ini juga memiliki gunung yang cocok untuk didaki pemula, yakni Gunung Batur. Gunung api aktif ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali dengan ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meskipun tergolong cukup tinggi, gunung ini terbilang ramah bagi para pendaki pemula. Untuk mencapai puncaknya, diperlukan waktu sekitar 2,5 jam.

Perjalanan yang cukup lama itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan dari puncak Gunung Batur. Panorama kaldera nan luas juga padang rumput hijau menjadi daya tarik utama.

Selain itu, puncak gunung ini turut menyajikan keindahan Danau Batur yang bersanding dengan pemandangan Gunung Abang dan Gunung Rinjani di belakangnya. Para pendaki pun bisa berkemah di tepi Danau Batur sambil stargazing langit malam Pulau Dewata yang mempesona.

4. Gunung Penanggungan, Mojokerto (1.653 mdpl)

Gunung yang terletak di antara Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), Jawa Timur ini memiliki ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jalur yang direkomendasikan untuk pendaki pemula adalah Jalur Tamiajeng di Trawas, Mojokerto.

Untuk sampai ke puncak melalui jalur ini, setidaknya diperlukan waktu selama 4 jam. Jika tidak kuat mendaki terus-menerus, pendaki bisa berkemah di Puncak Bayangan terlebih dahulu.

Jauhnya perjalanan ini akan menjadi 'hadiah' tak terlupakan ketika sudah mencapai puncak. Sebagai 'miniatur Gunung Semeru', Gunung Penanggungan menyuguhkan puncak berupa dataran tandus.

Selain panorama nan menyejukkan mata, di sepanjang perjalanan menuju puncak pun terdapat banyak situs purbakala yang dibangun pada periode Hindu-Buddha dalam sejarah Indonesia. Sangat menarik, bukan?

5. Gunung Papandayan, Garut (2.665 mdpl)

Meski ketinggiannya mencapai 2.665 meter di atas permukaan laut (mdpl), medan pendakian Gunung Papandayan tidaklah sulit - malah terbilang landai. Selain itu, pendaki juga kian dipermudah dengan berbagai fasilitas di sepanjang jalur menuju puncak, seperti toilet dan warung makan.

Gunung ini menyuguhkan pemandangan mempesona, salah satunya Padang Edelwis yang berlokasi di antara perkemahan Pondok Saladah dan Hutan Mati. Adapun untuk bisa sampai di perkemahan Pondok Saladah, pendaki hanya memerlukan waktu selama 2 hingga 3 jam.

Itulah lima rekomendasi gunung terbaik untuk pendaki pemula. Perlu diingat, selain kondisi medan, Anda juga perlu menjaga kesehatan. Tertarik menjelajah salah satunya?

Editor
Komentar
Banner
Banner