Tak Berkategori

Jalur Prestasi untuk Siswa SMP di Banjarmasin, Intip Syaratnya

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin membuka jalur prestasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat…

Featured-Image
ILUSTRAS Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Bahahudin Qusairi.

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin membuka jalur prestasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2019.

Jalur yang dikhususkan untuk siswa prestasi tersebut disediakan 5 persen dari daya tampung sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menjelaskan melalui jalur prestasi calon siswa bisa leluasa memilih sekolah di luar zonanya.

Namun ada sejumlah persyaratan yang harus disiapkan oleh para siswa jika ingin menggunakan jalur prestasi.

Ketentuan itu mencakupi kuota 5 persen, tetapi dibagi menjadi dua bagian. Di antaranya sebanyak 2,5 persen untuk prestasi akademik dan sisanya prestasi lomba seperti olimpiade pelajaran, bidang olahraga, bidang kesenian dan lainnya.

“Calon peserta didik harus memiliki minimal prestasi juara 1 lulusan SD Banjarmasin dan juga memiliki piagam lomba periode 2 tahun terakhir,” terang Totok saat ditemui di Balai Kota Banjarmasin, Senin (10/6).

Kemudian, ia menerangkan jenis murid yang diterima pada jalur prestasi PPDB SMP itu yakni calon peserta didik memiliki nilai Ujian Nasional (UN) di atas 270.

Sedangkan untuk jenis prestasi yang tidak masuk kategori adalah yang dilaksanakan oleh pihak swasta dan yayasan yang sifatnya pertandingan berkelompok.

Dari sana, katanya calon peserta didik atau wali murid hanya bisa memilih 2 sekolah pilihan.

“Jadi orang tua harus pintar, harus dihitung agar anaknya bisa bersaing. Apabila tidak memungkinkan jangan mendaftar,” bebernya.

Secara umum, PPDB jalur prestasi dijadwalkan pada 10-15 Juni. Sedangkan untuk tempatnya berada di Kantor Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Jalan Piere Tendean.

Baca Juga: H+5 Lebaran, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Tampak Lengang

Baca Juga: Bawaslu Banjarmasin Bersiap Hadapi Pilkada

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner