Mudik Lebaran 2023

Jalan Tol Solo-Jogja Siap Difungsikan untuk Mudik Lebaran Mulai 18 April

Jalan tol Solo-Jogja bisa digunakan pemudik lebaran mulai dari tanggal 18 April 2023 sampai H+7 lebaran mendatang. Diharapkan dapat mengurani kemacetan.

Featured-Image
Proyek jalan tol Solo-Jogja. Foto : apahabar.com / Fernando

bakabar.com, SOLO - Jalan tol Solo-Jogja telah siap difungsionalkan selama masa mudik lebaran mulai dari tanggal 18 April 2023 sampai H+7 lebaran mendatang.

Menurut General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin mengatakan jalan tol tersebut akan dioperasionalkan mulai dari pukul 7 pagi sampai pada pukul 5 sore.

"Dibuka jam 7 pagi ditutup jam 5 sore. Nanti menerapkan sistem buka tutup. Kalau dah macet di dalam ya nanti ditutup. Lewat jalur biasa dulu, kalau sudah longgar dibuka lagi," terangnya saat dihubungi, Rabu, (12/4).

Baca Juga: Jadwal Ganjil Genap di Jalan Tol saat Arus Mudik Lebaran 2023

Fungsional jalan tol Solo-Jogja tersebut akan dimulai dari exit tol Ngasem, Colomadu, Karanganyar hingga STA 6 di Desa Kateguhan, Kecamatan Sawit, Boyolali sepanjang 6 kilometer.

"Inshaallah sudah siap sepanjang 6 km. 4 km sudah beton rigit, sisanya beton tipis 10 cm," ujarnya.

Ketika dibuka, Amin menyebut tidak ada pembatasan jumlah kendaraan yang melintas. Hanya saja untuk mengantisipasi kemacetan akan dibantu oleh pihak Korlantas.

"Kemungkinan macetnya di Sawit pas pintu keluar. Nanti dari korlantas dibantu untuk mengatur. Biasanya dikeluar tol Colomadukan ada pos polisi, nanti dikeluar Sawit juga ada petugas yang mengatur mengarahkan," tandasnya.

Baca Juga: Truk Logistik Vital Diizinkan Lewat Jalan Tol-Arteri Saat Arus Mudik

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai kunjungan kerja bersama meninjau progres jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo Senin (27/4) mengatakan, pihaknya menyiapkan sarana dan prasana untuk operasional jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo secara fungsional saat mudik Lebaran 2023.

"Untuk fungsional akan segera kita selesaikan, kita persiapkan untuk mudik sehingga bisa mengatasi kemacetan di Kartasura," terangnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner