Megaproyek IKN

Jalan Tol Megaproyek IKN Sabet Penghargaan Bentley Systems

Proyek jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) meraih penghargaan bergengsi. Founders' Honors Going Digital Awards in Infrastructure 2023. 

Featured-Image
Chief Executive Officer (CEO) Bentley Systems Greg Bentley umumkan penerima penghargaan Founders Honors Going Digital Awards 2023 di Singapura, Kamis (12/10). Foto: Antara/Fianda Sjofjan Rassat

bakabar.com, JAKARTA - Proyek jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) meraih penghargaan bergengsi. Founders' Honors Going Digital Awards in Infrastructure 2023. 

Penghargaan diberikan oleh Bentley Systems. Diumumkan di Singapura, Kamis (12/10). Objeknya adalah Jalan Tol Nusantara Seksi 3A besutan PT Hutama Karya (Persero).

Jalan Tol IKN 3A dianggap layak mendapat penghargaan. Salah satu indikatornya adalah kemajuan digital.

Baca Juga: Hunian Vertikal Bakal Mendominasi IKN

Salah satu contohnya adalah penerapan model digital geoteknik. Ada di salah satu lereng curam Tol IKN 3A.

"Di lokasi itu sangat penting untuk menghindari kemungkinan tanah longsor yang akan mengancam menara transmisi listrik yang sangat penting untuk seluruh wilayah," kata CEO Bentley Systems Greg Bentley.

Kata dia, tak efektif jika hanya menggunakan metode konvensional mengatasi ancaman longsor di lokasi itu. Justru hanya akan menghasilkan faktor keamanan dengan skor 1,4.

Hutama Karya kemudian menggunakan perangkat lunak Plaxis dari Bentley Systems. Ditemukan bahwa penggunaan paku bumi bisa meningkatkan skor keamanan menjadi 1,7. Hal itu memungkinkan konstruksi masuk kategori aman.

Proyek Jalan Tol IKN. Foto: Antara
Proyek Jalan Tol IKN. Foto: Antara

Dalam kesempatan itu Greg juga memuji Hutama Karya. Lantaran mereka menggunakan aplikasi Leapfrog dari Bentley Systems.

Cara itu dianggap efektif ntuk obvervasi kondisi di bawah tanah lokasi proyek. Juga menghindari harus mendatangkan tanah tambahan untuk menguruk lahan seluas 1,5 juta meter persegi.

"Tanah yang ada dapat digunakan untuk konstruksi tanggul, yang mencegah timbulnya polusi lingkungan, risiko, dan mengurangi biaya," ujar Greg.

PT Hutama Karya melalui keterangan tertulisnya juga menyampaikan apresiasi terhadap perangkat lunak Bentley Systems. Karena membantu kelancaran proyek Hutama Karya di IKN.

Baca Juga: PUPR Bangun Pusat Pengolahan Sampah Terpadu IKN

"Sistem digital Bentley tidak hanya menghasilkan analisis geoteknik yang akurat. Tetapi juga membantu dalam penyelesaian proyek yang tepat waktu," kata Manajer Proyek Jalan Tol IKN Seksi 3A, Syaiful Bachtiar

Selain itu Hutama Karya, PT Waskita Karya juga menerima penghargaan Founders' Honors. Berkat proyek evolusi menuju ekosistem digital di IKN.

Biar tahu saja. Bentley Systems adalah perusahaan perangkat lunak rekayasa infrastruktur. Mereka menyediakan aplikasi untuk pembangunan infrastruktur dunia.

Tahun ini Bentley Systems mengumumkan 15 perusahaan dan proyek dari berbagai penjuru dunia. Mereka diberi penghargaan Founders' Honors. Berkut daftarnya:

1. Benesch dengan proyek Deteksi Retak Aspal yang Didukung oleh AI (kecerdasan buatan) di Amerika Serikat

2. Collins Engineers, Inc. dengan proyek Kecerdasan Buatan untuk Rehabilitasi Jembatan Bersejarah Robert Street Bridge di St. Paul, Minnesota, Amerika Serikat

3. Contact Energy dengan proyek Pengeboran untuk Pembangkit Listrik Geothermal Tauhara di Taupo, Waikato, Selandia Baru.

4. Dublin City University dengan proyek Smart Dublin City University Digital Twin di Dublin, Irlandia

5. Kalpataru Power Transmission Limited (KPTL) dengan proyek Pembangunan Dua Saluran Transmisi 225KV dan 2 Gardu Induk di Kamerun.

6. Kenya Geological Survey dengan proyek Survey Geofisika Wilayah Udara Nasional Kenya di Nairobi, Kenya.

7. Kovalska Nerukhomist LLC dengan proyek Kovalska Going Digital di Kiev, Ukraina.

8. Port Authority of New South Wales dengan proyek Studi Kasus Transformasi Digital di New South Wales, Australia.

9. PT Hutama Karya (Persero) dengan proyek
Rekayasa Geoteknik untuk Keberlanjutan di Ibu Kota "Nusantara" pada Jalan Tol IKN 3A.

10. PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan proyek Evolusi menuju Ekosistem Digital untuk IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

11. Shanghai Investigation, Design & Research Institute Co., Ltd. (SIDRI) dengan proyek Pengendalian Desertifikasi Fotovoltaik Kubuqi 2000MW (Bagian I) di Ordos, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, China.

12. Vanasse Hangen Brustlin, Inc. (VHB) dengan proyek Desain Berbasis Model - Persiapan untuk Pengiriman Digital Masa Depan di Watertown, Massachusetts, Amerika Serikat

13. WISDRI Engineering & Research Incorporation Limited dengan Proyek Tanur Tiup (Blast Furnace) Baru untuk Meningkatkan Kapasitas Yukun Iron & Steel di Yuxi, Yunnan, China.

14 WSP Australia dengan proyek Penerapan Alur Kerja Digital dalam Proyek Infrastruktur di Melbourne, Victoria, Australia.

15. Yuba Water Agency dengan proyek Pembangunan Bendungan Bullards Bar Baru di Camptonville, California, Amerika Serikat.

Editor


Komentar
Banner
Banner