Banjir Di Depok

Jalan Raya Sawangan Banjir, Polisi Siapkan Alternatif: Cek Jalur!

Akibat hujan lebat yang terjadi sejak semalam. Kawasan Simpang Mampang, tepat di Jalan Raya Sawangan banjir hingga 50 cm.

Featured-Image
Banjir di Kawasan Mampang Depok mengakibatkan arus lalulintas terhambat. apahabar.com/Rubiakto

bakabar.com, DEPOK - Akibat hujan lebat yang terjadi sejak Rabu (29/11) malam, kawasan Simpang Mampang, tepat di Jalan Raya Sawangan banjir hingga 50 cm. Banjir tersebut diduga karena banyaknya sampah di Kali Cabang Tengah, Kecamatan Pancoran Mas.

Menurut Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Tri Harijadi, sejak pagi Simpang Mampang di Jalan Raya Sawangan yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru dan Rangkapan Jaya Lama, termasuk Kelurahan Mampang terjadi genangan air hingga 50 cm.

Menurutnya luapan air dari Kali Cabang Tengah yang mengakibatkan genangan air cukup tinggi. Sehingga mengganggu jalur lalu lintas yang ke arah Sawangan maupun ke arah Margonda.

"Ini kejadian sejak pukul 08.00, cukup tinggi luapan dari air sungai. Kemungkinan karena hujan cukup lebat pada malam hari," kata Kompol Tri Harijadi, Kamis (30/11). 

Baca Juga: [VIDEO] Banjir Setinggi 50 Cm Rendam Kaligawe Semarang

Pihaknya mengaku terus berupaya untuk membantu kelancaran lalu lintas sehingga arus lalu lintas ke barat dan ke timur bisa dilintasi.

Menurutnya pada malam hari juga sempat terjadi banjir namun saat pagi hari sempat surut. 

"Kalau banjir memang untuk kenaikan genangan dari malam sejak jam 22.00 malam sampai jam 06.00 pagi kemudian sudah surut. Namun ini kemungkinan masih ada dari arah Bogor hujan deras, sehingga menimbulkan genangan dengan ketinggian air sekitar 40 sampai 50 cm," tukasnya.

Untuk menghindari kemacetan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk mencari jalan alternatif lain.

"Alternatif jalan kita upayakan yang dari Tanah Baru untuk lewat Beji, kemudian juga di Simpang Poin Mas kita arahkan ke arah Vitara, termasuk ke arah Jalan Remaja yang mengarah ke Grogol," ujarnya.

Menurutnya penyebab genangan air di kawasan Simpang Mampang lantaran banyaknya sampah di aliran kali cabang tengah. 

Baca Juga: 8 Rumah Rusak hingga Ratusan Terendam Akibat Banjir di Cianjur

Karena menurutnya di kawasan tersebut masih dilakukan proyek pembangunan normalisasi perempatan Simpang Mampang yang dilakukan oleh kementerian PUPR. 

"Namun demikian prosesnya belum selesai sehingga memang sedikit menghambat ya. Tapi insya Allah setelah proyek ini selesai minimal bisa mengurangi kemacetan maupun mengurangi debit air yang akan naik bisa langsung tersalurkan ke arah jalan raya Pramuka," tukas Kompol Tri.

Namun demikian menurutnya setiap hujan lebat dikawasan tersebut memang kerap terjadi genangan. 

"Sering baik itu hujan deras maupun tidak kalau memang dari arah hulu cukup tinggi curah hujannya pasti akan naik di Simpang Mampang ini," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner