Kodim 1022 Tanah Bumbu

Jaga Ketahanan Pangan, Dandim Tanbu dan Poktan Sarigadung Tanam Padi di Atas Lahan 99,97 Ha

apahabar.com, BATULICIN – Kodim 1022/Tanah Bumbu melakukan kegiatan penanaman padi bersama kelompok tani (Poktan) binaannya di…

Featured-Image
Letkol Cpn Rahmat Trianto saat memimpin penanaman padi perdana bersama kelompok tani binaannya di Sarigadung. Foto-Kodim 1022/TNB.

bakabar.com, BATULICIN – Kodim 1022/Tanah Bumbu melakukan kegiatan penanaman padi bersama kelompok tani (Poktan) binaannya di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan penanaman padi pertama itu dilakukan langsung oleh Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, Kamis (2/12).

“Hari ini kita perdana menanam padi bersama kelompok tani di Sarigadung yang merupakan binaan dari Kodim 1022/Tanah Bumbu,” ungkap Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, kepada bakabar.com.

Setidaknya hampir 100 hektar lahan pertanian yang tepatnya berada di Jalan Kupang Desa Sarigadung yang mereka tanami padi menggunakan mesin tanam maupun manual tenaga manusia.

“Ada sekira 99,97 hektar jumlahnya. Dan ini kita tanam secara gotong royong bersama masyarakat kelompok tani setempat,” ucap Dandim.

Dandim menyebut penanaman padi yang Kodim 1022/Tanah Bumbu lakukan adalah bentuk dari adanya TNI bersama rakyat dalam hal ketahanan pangan.

“Tugas kita TNI bukan hanya menjaga kesatuan dan persatuan NKRI, namun ketahanan pangan juga merupakan tugas pokok kita,” ungkapnya.

Dandim menambahkan kultur di Tanah Bumbu dari masing-masing wilayah memang berbeda beda, sehingga berbagai inovasi mereka lakukan menyesuaikan wilayah.

“Kita telaah, kebetulan di Sarigadung Simpang Empat ini sangat cocok bertanam padi, sehingga kita turun dan lakukan bersama warga,” tuturnya.

Dandim berharap dengan adanya kegiatan pembinaan seperti ini, pihak Kodim 1022/Tanah Bumbu bisa menjadi kekuatan yang lebih dalam mempererat hubungan silaturrahmi dengan masyarakat.

“Kegiatan ini akan mempererat kita. Pembinaan ini akan menyatukan kita. Sehingga akan tercipta kemanunggalan TNI bersama rakyat,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner