Sport

Jadwal Live Babak 16 Besar: Big Match Inggris vs Jerman, Swedia Ditantang Ukraina

apahabar.com, JAKARTA – Tersisa dua pertandingan lagi di babak 16 besar Euro 2020. Salah satunya big…

Featured-Image
Berkaca dari banyak pertemuan di babak gugur, rekor buruk mengiringi Inggris menjelang menghadapi Jerman di babak 16 besar Euro 2020. Foto: Flickr

bakabar.com, JAKARTA – Tersisa dua pertandingan lagi di babak 16 besar Euro 2020. Salah satunya big match Inggris versus Jerman di Stadion Wembley, Rabu (30/6) dini hari.

Pertemuan Inggris dengan Jerman sudah lama ditunggu penggemar sepakbola dunia, menyusul hasil pertandingan babak 16 lain.

Banyak yang menunggu kelanjutan nasib Jerman dan Inggris, mengingat sudah banyak negara favorit angkat koper. Sebut saja juara bertahan Portugal dan Prancis.

Inggris sendiri melenggang ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status sebagai juara Grup D. Mereka mengantongi 7 poin hasil dari dua kemenangan dan sekali imbang.

Sementara Jerman lolos dari Grup F yang disebut-sebut sebagai grup neraka. Mereka berstatus runner up dengan perolehan 4 poin.

Der Panzer sempat kalah 0-1 dari Prancis di matchday pertama, lalu menang 4-2 atas Portugal dan diimbangi Hungaria 2-2.

Duel Inggris versus Jerman diperkirakan berjalan sengit, terutama kalau menilik rekor pertemuan kedua negara.

Dari total 36 pertemuan, Inggris tercatat meraih 16 kemenangan. Sedangkan Jerman meraup 15 kemenangan dan 5 pertandingan berakhir seri.

Namun Inggris memiliki rekor buruk saban bertemu Jerman dalam pertandingan sistem gugur di turnamen besar sejak final Piala Dunia 1966. Dari lima pertemuan sepanjang sejarah, The Three Lions selalu menelan kekalahan dan tersingkir.

Bertemu di perempat final Piala Dunia 1970, Inggris kalah 0-2 dari Jerman Barat. Kemudian di semifinal Piala Dunia 1990, kembali Inggris kalah adu penalti dari Jerman dengan skor 3-4.

Lantas di semifinal Piala Eropa 1996, Inggris kalah adu penalti dengan skor 5-6. Beberapa tahun berselang, tepatnya semifinalPiala Eropa 2006, lagi-lagi Inggris kalah adu penalti, juga dengan skor 5-6.

Pertemuan terakhir kedua negara di turnamen besar, terjadi di babak 16 besarPiala Dunia 2010. Diwarnai kontroversi gol hantu, Inggris keok dengan skor 1-4.

“Hampir semua pertandingan yang telah terjadi antara Inggris dan Jerman sering dibicarakan bertahun-tahun kemudian,” cetus pelatih Jerman, Joachim Loew, seperti dilansir Republik.

“Ini adalah pertandingan yang menggetarkan semua orang. Juga terdapat banyak yang dipertaruhkan. Kami ingin lolos ke babak berikutnya, tidak masalah apa yang terjadi di lapangan,” tegasnya.

Timnas Jerman masih menunggu kondisi terakhir Ilkay Guendogan, Antonio Ruediger dan Robin Gosens.

Ilkay Guendogan mengalami cedera tengkorak, ketika melawan Hungaria. Sementara Robin Gosens dan Antonio Ruediger menderita gejala flu.

Potensi ketidaksiapan Ilkay Guendogan membuat Leon Goretzka berpotensi menjadi starter. Ketika melawan Hungaria, gelandang Bayern Munich ini mencetak gol penyeimbang.

Di sisi lain, Inggris tampaknya akan kembali melakukan rotasi. Pelatih Gareth Southgate memilih memasang Raheem Sterling ketimbang Jack Grealish.

Raheem Sterling mengisi posisi kiri penyerangan, sedangkan Phil Foden mengambil tempat Bukayo Saka di kanan.

Jack Grealish sebelumnya memberi assist dalam gol penentu kemenangan atas Republik Ceko yang dicetak Raheem Sterling.

Siapa pun yang memenangi pertandingan tersebut, dipastikan akan menghadapi pemenang Swedia kontra Ukraina.

Swedia melaju ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara Grup E, sedangkan Ukraina lolos setelah menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup C.

Berikut jadwal siaran langsung baba 16 besar Euro 2020:

Rabu, 30 Juni 2021

Inggris vs Jerman
Stadion Wembley, London
live Soccer Channel pukul 00.00 Wita

Swedia vs Ukraina
Stadion Hampden Park, Glasgow
live RCTI pukul 03.00 Wita



Komentar
Banner
Banner