Hot Borneo

Jadi Penyangga IKN, Kotabaru Persiapkan Tenaga Kerja Lokal Handal

Pemerintah Kabupa (Pemkab) Kotabaru melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotabaru kembali menggelar pelatihan keterampilan

bakabar.com, KOTABARU - Pemerintah Kabupaten (Kabupaten) Kotabaru melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat kembali menggelar pelatihan keterampilan untuk ratusan pencari kerja.

Hal itu dilakukan sebagai upaya persiapan pemenuhan tenaga kerja lokal yang handal lantaran Kotabaru sendiri merupakan salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kadisnakertrans Kotabaru Sugian Noor mengatakan pelatihan keterampilan diikuti sebanyak 192 orang pencari kerja dari berbagai kecamatan di Bumi Sa Ijaan.

Pelatihan keterampilan dilakukan sebagai salah satu upaya persiapan pemenuhan tenaga kerja lokal yang handal di kawasan IKN.

"Kotabaru sebagai salah satu daerah penyangga IKN, jadi untuk tenaga kerja lokal yang siap kerja tentu kita persiapkan sejak dini," ujar Sugian, kepada wartawan, Rabu (10/5/2023) siang.

Selain itu menurut Sugian, pelatihan juga salah satu upaya untuk pemenuhan permintaan tenaga kerja yang memiliki skill dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kotabaru.

"Permintaan tenaga kerja lokal yang mempunyai keahlian dari perusahaan cukup tinggi di daerah kita, makanya melalukan pelatihan ini diharapkan mampu menjawabnya," pungkasnya.

Sementara salah satu peserta pelatihan asal Kecamatan Kelumpang Hulu mengaku senang berkesempatan mengikuti program pelatihan tersebut agar bisa mendapatkan pekerjaan.

"Iya, saya senang bisa ikut pelatihan ini. Sebab, sejak lulus di pesantren setahun yang lalu di Banjarbaru saya belum kerja," ujar Siti Juhairiah Eka Putri, kepada bakabar.com.

Sementara para peserta ini mengikuti pelatihan keterampilan bidang komputer, las, listrik, otomotif, dan tata boga.

Editor


Komentar
Banner
Banner