Tak Berkategori

Jadi Atensi, Ketua KPU RI Tinjau Langsung PSU Pilwali Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemungutan suara ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin benar-benar menjadi perhatian nasional. PSU tinggal menghitung…

Featured-Image
Empat pasang calon bakal bertanding ulang di Pilwali Banjarmasin, Rabu esok. Foto: Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemungutan suara ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin benar-benar menjadi perhatian nasional.

PSU tinggal menghitung hari, Ketua KPU RI Ilham Saputra bakal mengunjungi Banjarmasin, Selasa besok (27/4).

Kedatangan orang nomor satu di lembaga penyelenggara pemilu itu guna meninjau kesiapan KPU Banjarmasin.

"Rencananya Ketua KPU RI akan berkunjung sendiri ke tempat kita," ujar Sekretaris KPU Banjarmasin, Husni Thamrin kepada bakabar.com, Senin (26/4).

Husni memastikan Ilham telah mengkonfirmasi kehadirannya selama dua hari.Setibanya di Banjarmasin, jajaran KPU Kota akan langsung mengajaknya meninjau Banjarmasin Selatan. Tepatnya di tiga lokasi PSU.

Rinciannya, 29 tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Mantuil, 23 TPS Murung Raya dan 28 TPS Basirih Selatan. Peninjauan didampingi oleh Pj Wali Kota Banjarmasin, Mukhyar.

"Mudah-mudahan tidak batal. Rencananya hari ini, tapi besok (27/4)," pungkasnya.

PSU Pilwali Banjarmasin menjadi perhatian nasional daripada daerah lainnya yang juga menyelenggarakan PSU.

Sebelumnya, MK telah menggelar sidang putusan sengketa hasil Pilkada 2020 yang dilaksanakan sejak Kamis (18/3) hingga Senin (22/3).

Adapun jumlah perkara yang diputus oleh MK sebanyak 32 perkara sengketa hasil Pilkada 2020 yang masuk dalam tahap pembuktian. Dari 32 perkara yang diputus, 16 daerah diminta lakukan pemungutan suara ulang termasuk Banjarmasin.

Olehnya Ketua KPU RI bakal mengambil sampel dan melihat langsung di TPS pada saat pelaksanaan 28 April mendatang.

"Setelah selesai mungkin sore beliau pulang," ucapnya.

Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU bakal menggelar PSU, Rabu 28 April mendatang. Sebagai tambahan, Kelurahan Mantuil memiliki DPT berjumlah 9.887 pemilih, Kelurahan Murung Raya 8.565 pemilih, dan Kelurahan Basirih Selatan sebanyak 10.604 pemilih.

PSU Pilwali Banjarmasin tetap diikuti empat pasangan calon. Yakni, nomor urut 1 H Haris Makkie dan Ilham Noor, paslon nomor urut 2 H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, paslon nomor urut 3 H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dan paslon nomor urut 4 Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir.



Komentar
Banner
Banner