LIFESTYLE

Isi Piringku jadi Pedoman Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Pedoman 4 sehat 5 sempurna sudah tidak lagi digunakan dan digantikan dengan pedoman gizi seimbang “Isi Piringku”.

Featured-Image
Pedoman 4 sehat 5 sempurna diubah menjad isi piringku

bakabar.com, JAKARTA – Pedoman 4 sehat 5 sempurna sudah tidak lagi digunakan dan digantikan dengan pedoman gizi seimbang “Isi Piringku”.

Rasanya pedoman 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu sebagai penyempurna melekat erat. Kampanye masif yang dilakukan sejak puluhan tahun lalu membuat publik mengingatnya dengan mudah.

Tapi pedoman tentang pola makan tersebut kini tidak lagi digunakan seiring dengan perkembangan ilmu.

Para ahli gizi menggantinya dengan Isi Piringku yang mengatur jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam sekali makan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam sehari.

Isi piringku merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan dan mulai diperkenalkan pada publik sejak beberapa tahun lalu. Tapi kampanye soal Isi Piringku belum semasif kampanye 4 Sehat 5 Sempurna.

Isi Piringku, Pola Makan dengan Gizi Seimbang

Dalam satu piring makan, anjuran dari Isi Piringku terkait makanan pokok adalah 2/3 dari ½ piring. Apabila makanan pokoknya berupa nasi maka takarannya adalah 150 gr nasi atau setara dengan 3 centong nasi.

Baca Juga: Ahli Gizi: Diet Vegetarian Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Jika menggunakan kentang maka 300 gr atau setara dengan 3 buah kentang sedang. Jika menggunakan mie maka 1 ½ gelas mie kering atau 75 gr.

Selain makanan pokok, penting untuk memasukkan lauk pauk yang menjadi sumber protein. Protein bisa didapatkan dari protein hewani seperti ikan, ayam, daging sapi, telur, susu dan olahannya.

Protein nabati bisa didapatkan dari tempe, tahu, atau kacang-kacangan. Anjuran lauk-pauk dalam sekali makan adalah 1/3 dari ½ piring.

Mengenal Orthorexia Nervosa, Obsesi berlebih terhadap makanan sehat - apahabar. Foto: Ilustrasi makan. Foto: Freepik

Kita perlu memasukkan buah-buahan yang menjadi sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. dianjurkan untuk makan buah-buahan sebanyak 1/3 dari ½ piring sekali makan.

Terakhir adalah sayur-sayuran seperti bayam, kol, kangkong, daun singkong, terong, dan masih banyak lagi. Anjuran sayur-sayuran dalam sekali makan adalah 2/3 dari ½ piring.

Semua aturan gizi sudah dijelaskan secara spesifik oleh Kementerian Kesehatan dalam Isi Piringku. Selain itu, isi piringku juga mengajak untuk mengonsumsi 8 gelas air setiap hari, melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, dan mencuci tangan dengan air dan sebun sebelum dan setelah makan.

Editor


Komentar
Banner
Banner