DPRD Balangan

Sri Huriyati Hadi Ingatkan Pentingnya 'Isi Piringku' dengan B2SA

inas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan Bimtek Penyusunan Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman)

Featured-Image
Legislator Sri Huriyati Sosialisasi B2SA Ke Masyarakat

bakabar.com, PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman).

Ketua TP PKK Kabupaten Balangan Hj. Sri Huriyati Hadi menyampaikan bahwa pemerintah wajib memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dan mendukung hidup sehat, aktif dan produktif yang juga berpengaruh penting dalam menghindari stunting.

Sri Huriyati yang juga legislator Balangan menjelaskan, faktor utama terjadinya stunting adalah kurangnya asupan gizi anak pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dimulai sejak janin hingga anak berumur dua tahun.

“Atas dasar hal tersebut, sangat penting sosialisasi dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat tentang istilah “Isi Piringku” yang dikombinasikan dengan makanan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA),” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKP3 Kabupaten Balangan Neneng Jamilal mengatakan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader pangan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Selain itu, juga untuk berperan aktif di meja enam Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Balangan.

Neneng juga mengatakan, selain mengkonsumsi pangan B2SA, salah satu cara menurunkan angka stunting adalah merubah perilaku masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar tempat tinggal.

“Selain itu juga, bisa mengedukasi kader pangan dari hasil-hasil ilmu yang didapat pada kegiatan kemarin ke ibu balita di Posyandu,” tambahnya.

Setiap materi dalam kegiatan bimtek ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader pangan dalam mengedukasi masyarakat dan penyusuan menu B2SA di Posyandu.

Editor
Komentar
Banner
Banner