Borobudur Marathon 2023

Intip Keseruan Peserta Asal Kaltim Sambut Borobudur Marathon 2023!

Euforia masyarakat menyambut event internasional Borobudur Marathon 2023 mulai dirasakan di Magelang.

Featured-Image
Racepack Day Borobudur Marathon 2023 di Grand Artos Hotel, Sabtu (18/11) (Apahabar.com/Arimbihp)

bakabar.com, MAGELANG - Euforia masyarakat menyambut event internasional Borobudur Marathon 2023 mulai dirasakan di Magelang.

Sebelum puncak acara, 10.000 peserta yang hendak mengikuti Borobudur Marathon 2023 mengikuti Race Pack Collection Day di Grand Artos Hotel sejak Jumat (17/11) hingga Sabtu (18/11).

Pada acara bertajuk Voice of Unity itu, para peserta berkesempatan mengambil race pack untuk marathon serta melakukan sejumlah persiapan.

Race pack day juga dimeriahkan sejumlah pameran UMKM khas Magelang seperti Mangut Beong, Badjingan Telo, Jamu, serta beragam kuliner tradisional yang menggugah selera

Baca Juga: 10.468 Ribu Pelari Siap Ramaikan Borobudur Marathon 2023

Peserta asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Denis (30) bahkan datang dan menginap 3 hari di Magelang untuk persiapan Borobudur Marathon 2023.

"Khusus untuk event ini ya, karena kemarin dapat tiketnya saja harus war (bersaing), tahun lalu belum bisa ikut karena pandemi akses sulit, jadi antusias sekali.

Sebagai runner yang kerap mengikuti acara lari di berbagai daerah, Denis menuturkan, Borobudur Marathon adalah salah satu event yang paling ditunggu.

Sebab, pada Borobudur Marathon yang terakhir ia ikuti pada 2021, jarak serta track yang dilalui bakal menanjak dan banyak tantangan.

"Pemandangannya juga pasti bagus, bisa lihat bukit-bukit dan gunung, udaranya sejuk, maka saya datang ke sini ajak teman, setelah race pack nanti mau keliling dulu," tuturnya.

Pelari Borobudur Marathon
Pelari Borobudur Marathon (Dok. Borobudur Marathon)

Hal senada juga disampaikan Meidi (32), peserta asal Bandung yang hampir tidak kebagian penginapan lantaran semua hotel terbooking untuk Borobudur Marathon 2023.

"Untungnya pesannya sudah jauh-jauh hari, itu saja tinggal sedikit. Memang event ini sangat ditunggu banyak orang," katanya.

Sebagai peserta yang tidak pernah absen pada agenda Borobudur Marathon, Meidi tak menyangka jumlah peserta akan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

"Ini sepertinya terbanyak, kemarin waktu pandemi kan dibatasi ya, semoga besok cuaca cerah, jadi bisa menikmati pemandangan saat lari," pungkasnya.

Pelaksanaan Borobudur Marathon 2023

Puncak acara Borobudur Marathon 2023 bakal digelar Minggu (19/11) dengan rute di Kawasan Borobudur.

Para pelari elite yang mengikuti Borobudur Marathon 2023 bakal menyusuri trek sejauh 42,195 kilometer di wilayah Candi Borobudur dan Magelang.

Di sepanjang jalur ini, para pelari akan disuguhkan dengan keindahan alam dan sejuknya suasana di sekitar Candi Borobudur.

Kegiatan tersebut rencananya dimulai sejak pukul 05.30 WIB hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

Guna kelancaran acara, sejumlah ruas jalan ditutup dan rekayasa lalu lintas aka diberlakukan di Magelang saat Borobudur Marathon 2023 berlangsung.

Ruas jalan yang ditutup selama Borobudur Marathon 2023 ditutup yakni Palbapang, Blondo, Salaman, Tanjung, Tempuran, Candirejo, Tuksongo, dan Borobudur, Karet.

Editor


Komentar
Banner
Banner