Pemkab Balangan

Ini Terobosan Bupati Balangan Majukan UMKM

Di bawah kepemimpinan Bupati Abdul Hadi, sektor ekonomi dan perbankan di Kabupaten Balangan mengalami perkembangan yang signifikan.

Featured-Image
Bupati Balangan Abdul Hadi gandeng Bank Kalsel majukan UMKM. Foto-Diskominfo Balangan.

bakabar.com, PARINGIN - Di bawah kepemimpinan Bupati Abdul Hadi, sektor ekonomi dan perbankan di Kabupaten Balangan mengalami perkembangan yang signifikan.

Terobosan-terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah ini telah memberikan dampak positif yang terasa, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bumi Sanggam.

Dengan fokus yang tajam pada pengembangan UMKM, Abdul Hadi telah mendorong berbagai inisiatif yang memperkuat sektor ekonomi lokal.

Salah satu program unggulan yang berhasil diluncurkan adalah Balangan Bakabun (bahutang kada babunga) dan Balangan Babungas (bausaha bebas bunga-kredit bunga 0% dan bebas administrasi).

Inovasi tersebut dirancang untuk memberikan dukungan secara menyeluruh kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Balangan, terutama dalam urusan permodalan dan akses terhadap perbankan.

"Program Balangan Bakabun dan Balangan Babungas adalah salah satu wujud komitmen terhadap pembangunan ekonomi kerakyatan serta mendorong wiraswasta masyarakat," kata Bupati Balangan, Abdul Hadi.

Melalui program Balangan Bakabun, Pemkab Balangan tidak sekadar memberi bantuan permodalan dan akses perbankan.

"Tetapi juga memudahkan menyediakan dana yang bisa dipinjam tanpa beban bunga,” tambah Bupati.

Para pelaku UMKM juga diberikan akses lebih luas. Berbagai pelatihan dan pendampingan bisnis, serta promosi produk secara kolektif juga dihadirkan, salah satunya dengan melibatkan di berbagai expo baik dalam daerah maupun luar daerah.

Produk UMKM dibina dan dipasarkan ke ritel modern, Indogrosir, dan berbagai market lain. Pelaku UMKM di Kabupaten Balangan juga difasilitasi dalam memasarkan produknya melalui media online, yakni via aplikasi Batutukar v2.

Aplikasi yang dibadani oleh DPMPTSP Balangan ini bertujuan agar produk UMKM Balangan dapat semakin dikenal. Aplikasi Batutukar menyediakan tempat belanja online bagi masyarakat Balangan dan menyediakan ruang kepada para pelaku UMKM untuk menjual barangnya. Selain itu pada Batutukar v2 terdapat penambahan bagi pelapak di sektor jasa.

Editor


Komentar
Banner
Banner