Nasional

Ini Sosok Pengganti Gus Sholah Pimpin Ponpes Tebuireng

apahabar.com, JOMBANG – Sepeninggal KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur…

Featured-Image
KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin sosok pengganti Gus Sholah di Tebuireng. Foto-CNN Indonesia

bakabar.com, JOMBANG – Sepeninggal KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur rupanya sudah menyiapkan sosok penggantinya.

Seperti diketahui, Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (02/02) sekitar pukul 20.55 WIB.

Mantan Wakil Ketua Komnas HAM itu sempat kritis setelah menjalani operasi jantung, Jumat (31/01).

Jenazahnya akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang ada di dalam pesantren tersebut pada Senin (03/02) pukul 16.00 WIB.

Lantas siapa sosok penggantinya? Pengasuh Ponpes putri Tebuireng, KH Fahmi Amrullah menyebutkan nama KH Abdul Hakim Mahfudz.

Gus Kikin, begitu KH Abdul Hakim Mahfudz disebut telah disiapkan jadi pengganti Gus Sholah.

Dia menyebutkan, Gus Kikin sudah ditunjuk sebelum Gus Sholah meninggal.

“Sebelum beliau (Gus Sholah) wafat, Tebuireng ini sudah ada mekanisme, jadi sudah menunjuk wakil pengasuh (menjadi pengasuh) yaitu Gus Kikin,” kata Fahmi dikutip bakabar.com dari cnnindonesia.com, Senin (03/02).

Fahmi menambahkan, di Tebuireng ada majelis keluarga yang telah dibentuk Gus Sholah sebelum meninggal. Mejelis itu bertugas membantu memberikan masukan terhadap kepemimpinan Pondok Pesantren Tebuireng ke depan.

Fahmi mengatakan, majelis keluarga ini terdiri dari sembilan orang yang mewakili putra-putri pendiri Pondok Pesantren Tebuireng KH Hasyim Asy’ari.

“Jadi majelis keluarga ini perwakilan 9 orang putra putri Hadratussyaikh (Hasyim Asy’ari), jadi masing-masing putra-putri ini diwakili oleh satu orang dan ini yang mewakili seluruh Suriah,” katanya.

Terkait siapa yang bakal membantu Gus Kikin memimpin PP Tebuireng ke depan, Fahmi mengatakan hal itu juga bergantung pada putusan majelis keluarga.

“Insya Allah kalau di Tebuireng mekanisme ini semoga nanti jalan dan bisa tanpa hambatan,” katanya.(cnni)

Baca Juga:Ribuan Santri Tebuireng Berebut Pegang Keranda Jenazah Gus Sholah

Baca Juga:Din: Gus Sholah Tokoh Pemersatu

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner