Gaya Hidup

Ingin Wujudkan Resolusi di Tahun 2023? Simak Tips Berikut

Tinggal menghitung waktu, tahun baru 2023 sudah di depan mata.

Featured-Image
Tinggal menghitung waktu, tahun baru 2023 sudah di depan mata. Beberapa harapan atau resolusi yang di tahun 2022 belum terwujud, pada tahun 2023 mungkin bisa dicapai. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Tinggal menghitung waktu, tahun baru 2023 sudah di depan mata. Beberapa harapan atau resolusi yang di tahun 2022 belum terwujud, pada tahun 2023 mungkin bisa dicapai.

Agar bisa sukses terwujud di 2023, ada beberapa tips agar resolusi tersebut tidak menjadi wacana saja. Dilansir dari Forbes berikut tips-tips mewujudkan resolusi di tahun 2023.

1. Buat atau Pilih Resolusi yang Masuk Akal

Banyak orang yang resolusinya berakhir sebagai wacana saja, lantaran faktor kesulitan untuk mewujudkan impiannya. Salah satunya karena terlalu berlebihan dalam membuat atau memilih resolusi.

Agar bisa sukses terwujud, pilih resolusi yang nyata dan masuk akal. Artinya pilih resolusi yang sesuai dengan kemampuan. Tulis resolusi tahun baru dengan spesifik untuk memudahkan mencari cara mewujudkannya.

Contohnya seperti, ingin menulis sebuah karya tulis seperti novel atau cerita pendek. Tulis secara detail, berapa hari seminggu hingga berapa jam setiap harinya untuk menulis.

Setelah selesai menulis keseluruhan novel, tambahkan juga apa yang ingin dilakukan setelahnya. Contohnya seperti mengirim draft novel tersebut ke penerbit atau mengunggahnya di website.

2.Hubungkan dengan kebiasaan

Lalu yang kedua, agar kebiasaan baru bisa terwujud dengan sukses bisa menghubungkannya dengan kebiasaan lama.

Contohnya seperti, memilki hobi membaca dan menambahkan pengetahuan, sedangkan ada kebiasaan baru dalam mendengarkan podcast. Dalam hal ini, untuk mengasah pengetahuan bisa mendengar podcast-podcast yang berisikin informasi atau pendidikan.

Dengan cara ini maka bisa menyalurkan hobi mendengarkan sekaligus mendapatkan ilmu baru.

3. Mencatat resolusi dan membagikannya

Lalu tips berikutnya, dengan mencatat dan membagikan resolusi yang hendak dicapai. Catat apa saja yang ingin dicapai, setelah semuanya ditulis, bagikan ke teman dekat atau orang lain yang dianggap mampu mengingatkan.

Minta mereka untuk mengawasi dan mengingatkan jika suatu saat lalai atau membutuhkan masukan.

4. Menandai setiap progres

Jangan menyepelekan setiap progres yang dibuat, meskipun hanya sedikit. Melihat adanya kemajuan pada hal-hal yang dikerjakan bisa menambah motivasi diri. Catat dan tandai setiap proses yang harus dilakukan untuk mencapai resolusi tersebut.

5. Mengambil jeda

Beristirahat agar tidak jenuh saat mengerjakan sesuatu juga menjadi hal yang penting untuk mewujudkan resolusi yang diharapkan.

Buat jadwal untuk beristirahat agar pikiran bisa lebih segar dan kembali prima. Namun jangan beristirahat terlalu lama karena malah membuat malas.

6. Mengubah pola pikir

Mengubah sebuah kebiasaan bukan hal yang mudah. Untuk mengawalinya, perlu mengubah pola pikir. Mulailah dengan membuat pertimbangan sebab-akibat.

Misalnya resolusi di tahun 2023 adalah mendapatkan tubuh ideal. Ketika ingin makan makanan cepat saji dengan minuman bersoda, pertimbangkan akibat yang ditimbulkan.

Menyantap makanan kesukaan memang menyenangkan, namun akibat yang ditimbulkan adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh meningkat dan berat badan naik.

Dengan cara ini bisa "mengingatkan" diri sendiri bahwa makan burger dengan minuman bersoda akan membuat resolusi menjadi kacau.

7. Ingat tujuan utama

Tips yang terakhir agar resolusi 2023 terwujud, dengan mengingat tujuan utama dari resolusi tersebut.

Contohnya seperti, ingin masuk perguruan tinggi favorit melalui jalur ujian tulis tahun depan. Maka hal-hal yang perlu dilakukan adalah belajar dengan tekun, berlatih mengerjakan soal, hingga berdoa. Saat mulai bosan dan lelah belajar, ingat kembali tujuan utama belajar dengan keras selama ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner