Kalsel

Ingin Makin Mandiri, Intip Langkah RSJ Sambang Lihum

apahabar.com, BANJARBARU – Usai menyabet Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit tingkat Paripurna dan Wilayah Bebas Korupsi, Rumah…

Featured-Image
RSJ Sambang Lihum. Dok apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU – Usai menyabet Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit tingkat Paripurna dan Wilayah Bebas Korupsi, Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum ingin mewujudkan misi selangkah di depan dengan kemandirian.

“Untuk wujudkan misi itu ada langkah langkah transisional yang dilakukan, diharapkan tercapai dalam 5 tahun ke depan,” ujar Kepala RSJ Sambang Lihum Dharma Putra kepada bakabar.com, Senin (17/2) siang.

Dipaparkannya, selangkah di depan itu dapat dicapai dengan 3 tujuan transisional.

“Dari 3 tujuan transisional, kita sudah dapat 2 di antaranya yaitu asuhan dan pelayanan yang baik sesuai kaidah hospital akuntability lalu SDM yang unggul. Ketiga segera kita upayakan kemandirian paripurna,” paparnya.

Hal itu dibuktikan dengan 2 penghargaan yang berhasil diraihnya.

“Kami tidak ingin dibantu anggaran Pemprov. Rumah Sakit ini ingin bergerak dengan anggarannya sendiri dengan mandiri. Tujuannya agar anggaran dari Pemprov bisa dipergunakan untuk hal lebih penting lainnya,” jelasnya.

Namun, dikatakannya untuk mewujudkan selangkah di depan dan kemandirian anggaran diperlukan pengembangan di tiga sistem.

“Agar RS ini berjalan dengan penghasilannya sendiri. Ada tiga hal yang harus kami lakukan yaitu, diversifikasi usaha, pemanfaatan aset dan penambahan jejaring,” terangnya.

Yang mana, apabila ketiga sistem itu berjalan, maka target Rp20 miliar untuk dapat mandiri secara finansial dapat terealisasi.

“Salah satu contah yang sudah dilakukan, kami sudah berhasil bekerja sama dengan dinas pendidikan untuk melakukan cek IQ dan minat bakat bagi anak anak kelas 1 SMA dan SMK. Dari sana kira kira bisa menghasilkan uang Rp4,5 miliar,” ungkapnya

Selain itu, pihaknya juga sedang mengupayakan bekerja sama dengan BKD, perusahaan dan calon haji terkait pengecekan yang sama.

“Jadi mudah mudahan kegiatan ini semakin lama semakin bagus jadi 3 tujuan transisional pelayanan aman dan berkualitas untuk mendapatkan SDM unggul dan untuk kemandirian RS itu bisa dicapai,” pungkasnya.

Baca Juga: H+5 Pemilu, RSJ Sambang Lihum Siaga Caleg Stres

Baca Juga: Bikin Panik, Ruang Genset RSJD Sambang Lihum Terbakar

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner