Sektor Pertanian

Ingin Jadi Lumbung Pangan, Pemdes Jembayan Giat Kembangkan Sektor Pertanian

Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu terus mengembangkan sektor pertaniannya untuk mendukung program Kukar menjadi lumbung pangan di Kaltim.

Featured-Image
Salah satu areal persawahan di Desa Jembayan. Foto: Istimewa.

apahabar,com, TENGGARONG - Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu terus mengembangkan sektor pertaniannya. Langkah ini selaras dengan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN).

Dalam pengembangan sektor pertaniannya, Desa Sembayan juga mendapat perhatian dari Pemkab Kukar. Sebagai contoh, belum lama ini para petani di Desa Jembayan menerima bantuan berupa Sarana dan Prasarana (Sapras) pertanian.

Bantuan ini disalurkan untuk meningkatkan produktivitas hasil panen pra petani di Jembayan. Diketahui lahan pertanian di Desa Jembayan memiliki luas mencapai 300 hektar dan didominasi oleh sawah dan kebun sayur.

Baca Juga: Disperindag Kukar Dukung Penuh Pengembangan Kawasan Pertanian

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli mengatakan bantuan sapras pertanian yang diberikan oleh Pemkab Kukar dinilai akan sangat membantu para petani.

“Selain alat pertanian, Desa kami (Jembayan) juga pernah mendapat bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah,” katanya.

Ia berharap, para petani di desanya bisa menerima kembali bantuan berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemkab kukar. Prangkat itu akan meningkatkan produktivitas para petani.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil produksi para petani, Pemdes setempat sering melakukan pelatihan peningkatan keterampilan. Pelatihan ini bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Loa Kulu.

“Kalau petani minta pelatihan tanam cabai kita undang ahlinya. Begitu pun padi dan sayur mayur. Pokoknya bergantung permintaan petani. Kami fasilitasi melalui anggaran desa,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner