Gaya Hidup

Infeksi Kulit Parah di Balik Tren Viral Mandi Lumpur di TikTok

TikTok belakangan diramaikan dengan live mandi lumpur. Aktivitas tersebut dilakukan oleh sejumlah orang dengan menyiram tubuh mereka dengan campuran air dan lum

Featured-Image
Tren Mandi Lumpur. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - TikTok belakangan diramaikan dengan live mandi lumpur. Aktivitas tersebut dilakukan oleh sejumlah orang dengan menyiram tubuh mereka dengan campuran air dan lumpur. Semakin besar jumlah koin yang diberikan penonton, intensitas siraman air lumpur yang dilakukan juga semakin banyak.

Dokter spesialis kulit dari DNI Skin Center Dr. dr Darma, SpKK(K), FINSDV, FAADV mengatakan tren ini berbahaya bagi kulit.

Mandi menggunakan air kotor memiliki kemungkinan memicu kontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit. Kemungkinan ini terjadi karena air kotor mengandung bahan kimia, limbah, logam berat, dan bahan organik serta anorganik berupa material makhluk hidup seperti feses dan urine.

"Paparan terhadap air yang terkontaminasi dapat menimbulkan penyakit kulit seperti infeksi bakteri, Pada orang tertentu dapat mengalami alergi atau eksim," ungkap dr Darma dilansir dari detikHealth, Senin (16/1).

Selain itu, dr Darma mengungkapkan tren ini dapat menimbulkan infeksi yang membuat kulit bernanah.

Baca Juga: Viral Live Mandi Lumpur, Tren 'Ngemis' Gaya Baru Via TikTok

Nanah adalah cairan kental yang mengandung jaringan mati, sel, dan bakteri. Tubuh mengeluarkan nanah saat melawan infeksi terutama yang disebabkan oleh bakteri.

Infeksi bisa berasal dari kulit yang rusak atau kebersihan tubuh yang buruk.

Infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes sangat rentan menimbulkan nanah karena melepaskan racun yang merusak jaringan kulit.

"Infeksi yang ditimbulkan mengeluarkan nanah, bisul hingga pembengkakan pada kulit yang dapat disertai lepuh serta panas badan. Untuk alergi atau eksim ditandai bercak kemerahan dan gatal," jelasnya lagi.

dr Darma tidak merekomendasikan masyarakat melakukan tren tersebut. Selain belum ada penelitian yang membuktikan manfaat mandi lumpur, tren ini justru berisiko bagi kesehatan kulit. Jika sudah terjadi, ia menyarankan untuk segera mandi menggunakan air bersih dan sabun setelah mandi lumpur.

"Kalau ada luka, sebaiknya segera gunakan bahan antiseptik serta berobat ke dokter untuk mencegah infeksi bertambah parah," tambah dr Darma.

Baca Juga: Nenek Viral Usai Live Guyur Badan di TikTok Diduga Disuruh Orang!

Editor


Komentar
Banner
Banner