Sport

Indonesia vs Malaysia di AFF U-23: Satu Kali Seri, Sekali Batal Main

Timnas Indonesia U-23 dan timnas Malaysia U-23 baru sekali berjumpa pada ajang Piala AFF U-23 yang sudah digelar sejak 2005.

Featured-Image
Timnas Indonesia U-23. Foto-net.

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 dan timnas Malaysia U-23 baru sekali berjumpa pada ajang Piala AFF U-23 yang sudah digelar sejak 2005.

Indonesia dan Malaysia akan kembali berhadapan di lapangan hijau. Setelah sekian lama tidak bersua, dua negara serumpun ini akan bertanding dalam fase grup Piala AFF U-23 2023.

Kendati baru memasuki fase grup, kedua kesebelasan sama-sama berambisi meraih tiga poin demi kelancaran jalan menuju fase lanjutan. Pasalnya hanya juara grup yang digaransi melangkah ke semifinal, sementara hanya runner up terbaik yang bisa melaju ke babak perebutan tempat di final.

Meski demikian, Indonesia dan Malaysia sama-sama berniat mengamankan kemenangan pada laga pertama sebelum berjumpa Timor Leste pada partai kedua.

Baca Juga: Atraksi Paramotor Kibarkan Merah Putih di Apel 17 Agustus Kegubernuran Kalsel

Menilik sejarah terdahulu di Piala AFF U-23, Indonesia dan Malaysia baru sekali berjumpa. Pada laga fase grup Piala AFF U-23 2019, Indonesia dan Malaysia bermain imbang 2-2.

Timnas Indonesia U-23 yang saat itu dilatih Indra Sjafri dua kali mencetak gol lebih dulu, namun dua kali pula gagal mengamankan keunggulan.

Setelah memimpin berkat gol Marinus Wanewar pada menit ke-52, Nik Akif Syahkran Nik Mat membuat skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-62.

Witan Sulaeman kemudian membuat Indonesia memimpin 2-1 pada menit ke-77 sebelum Muhammad Hadi Fayadh memobobol gawang Satria Tama pada menit ke-86.

Baca Juga: 7.631 Napi di Kalsel Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, 73 di Antaranya Bebas

Hasil seri tersebut membuat Indonesia lolos ke fase semifinal setelah menempati peringkat kedua pada klasemen akhir, sementara Malaysia terhenti lantaran hanya menduduki peringkat ketiga.

Pada edisi selanjutnya, Piala AFF U-23 2022, Indonesia dan Malaysia kembali dipertemukan dalam satu grup. Menjelang pelaksanaan Indonesia menarik keikutsertaan lantaran terdapat beberapa pemain yang positif Covid-19.

Lantaran pengunduran diri tersebut, Indonesia pun tidak bermain melawan Malaysia pada Piala AFF U-23 2022.

Editor


Komentar
Banner
Banner