Olahraga

Indonesia Digasak Australia, Angkat Koper dari Piala Asia 2023

Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia dan tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1) malam.

Featured-Image
Ekspresi pemain-pemain Timnas Indonesia seusai dikalahkan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Foto: CNN

bakabar.com, DOHA - Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia dan tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1) malam.

Keunggulan Australia dibuka gol bunuh diri Elkan Baggott di menit 10. Gol ini terbilang beruntung, karena crossing Jakcson Irvine mengenai Baggott dan berubah arah hingga masuk gawang.

Indonesia merespons di menit 23. Justin Hubner melepas tendangan dari luar kotak penalti, tetapi dengan mudah diantisipasi kiper Matt Ryan.

Peluang dihasilkan anak asuh Shin Tae-yong lagi di menit 39 dan 41. Akan tetapi penyelesaian akhir Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan masih melambung.

Justru gawang Indonesia kembali kebobolan menit 45 melalui Martin Boyle. Lolos dari kawalan Asnawi Mangkualam, Boyle dengan bebas menyundul bola umpan silang Gethin Jones dari kanan.

Di awal babak kedua, tempo permainan sedikit menurun. Australia yang sudah unggul dua gol, terlihat kurang agresif dalam membangun serangan dan lebih mengandalkan permainan fisik.

Sementara usaha Indonesia untuk mengubah permainan dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Rizky Ridho, juga tidak membuahkan hasil positif.

Peluang emas baru terjadi di menit 81, ketika Mitchell Duke berhasil lolos dari kawalan Elkan Baggott.

Untungnya Duke tidak mampu melakukan penyelesaian akhir, meski tinggal berhadapan dengan kiper Ernando Ari.

Australia baru menambah keunggulan di menit 89 lewat gol Craig Goodwin, setelah memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Jackson Irvine.

Akhirnya Australia yang hanya memiliki penguasaan bola 51,3 persen, mencetak gol keempat di injury time. Harry Souttar tak terkawal dengan baik untuk menyundul umpan tendangan bebas Craig Goodwin.

"Kami tak kalah dalam konteks performa dan bahkan tampil lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pemain tampil bagus dan menjalankan instruksi dengan baik," papar pelatih Shin Tae-yong.

"Kami kalah karena level pengalaman dan konsentrasi. Mungkin kali lain kami akan kembali bertemu mereka dengan kekuatan yang berbeda," imbuhnya.

Kekalahan tersebut menghentikan langkah Indonesia di Piala Asia 2023. Sedangkan Australia akan menghadapi Arab Saudi atau Korea Selatan di perempat final, Jumat (2/2).

Editor
Komentar
Banner
Banner