IDE 2023

Indonesia Diecast Expo 2023 Siap Hadir dengan Konsep Baru, Catat Tanggalnya

Perhelatan Indonesia Diecast Expo (IDE) ke-10 siap digelar pada 28-29 Oktober 2023 di ICE, BSD City, Tangerang.

Featured-Image
Indonesia Diecast Expo 2023 siap hadir dengan konsep baru. Foto: apahabar.com/DF

bakabar.com, JAKARTA - Perhelatan Indonesia Diecast Expo (IDE) ke-10 siap digelar pada 28-29 Oktober 2023 di ICE, BSD City, Tangerang.

Menurut Ketua Penyelenggara IDE 2023, Arya Lembana, sejak kehadirannya pertama kali, Indonesia Diecast Expo tidak hanya berhasil menjadi sebagai sarana pertemuan bagi pecinta mainan minatur tersebut.

"Kini, seiring berjalannya waktu event ini juga sukses menjadi salah satu pameran diecast terbesar dan terlengkap di dunia lewat beberapa suguhan menariknya," kata Arya saat jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (12/10).

Baca Juga: IMOS 2023 Bakal Lebih Ramai, Harga Tiket Presale Mulai Rp12 Ribuan

Dalam IDE ke-10 ini, aktivitas serta beragam acara pendukung sudah dipersiapkan dengan lebih menarik untuk menyambut para pengunjung yang hadir.

"Ini tentu menjadi salah satu bentuk komitmen kami agar industri mainan miniatur dan diecast semakin menunjukkan kelasnya dan tidak hanya dikenal sebagai mainan semata," imbuh Arya.

Indonesia Diecast Expo 2023 siap digelar di ICE BSD City, Tangerang. Foto: bakabar.com/DF
Indonesia Diecast Expo 2023 siap digelar di ICE BSD City, Tangerang. Foto: bakabar.com/DF

Selain itu, di tengah dominasi mainan merek-merek luar negeri, IDE tahun ini akan menghadirkan dua merek lokal yakni RoolSpeed dan SHP Toys.

Meski saat ini persentase market share industri mainan antara produk lokal dan import masih di kisaran 30 persen dan 70 persen, namun ada beberapa pelaku usaha yang membuka jaringan produksi lokal serta investor di ranah tersebut.

Baca Juga: Pameran Indonesia Diecast Expo 2022 Siap Digelar dengan Keseruan Baru

Ditambah, kehadiran brand Tanah Air itu diharapkan lebih dikenal oleh publik, serta menjadi salah satu bentuk dukungan pada perkembangan industri mainan di Indonesia.

"Oleh karena itu, para UMKM mainan yang ada di Indonesia, diharapkan bisa memberikan produk terbaiknya untuk ditampilkan di gelaran IDE 2023," pungkas Arya.

Selain kehadiran dua brand lokal, dalam event yang digarap oleh Asosiasi Importir & Distributor Mainan Indonesia (AIMI), juga terdapat beragam aktivitas spesial untuk menyemarakkan pameran.

Mulai dari Special IDE X Event Car yang berkolaborasi dengan Mattel dan Hot Wheels, launching New Exclusive Hot Wheels Promo Car serta showcase dari mobil pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023.

Baca Juga: Blak-blakan Para Pemanis Pameran saat Jadi Usher IIMS Surabaya 2023

Terdapat pula acara lain di antaranya Siku, Kidz Station & Lego dengan berbagai penawaran diskon hingga 70 persen dan spesial Gift With Purchase.

Terakhir, ada program penjualan MINI GT yakni Special Event Car yang secara eksklusif hanya dapat dibeli di IDE X.

Indonesia Diecast Expo atau IDE 2023. Foto bakabar.com/DF
Indonesia Diecast Expo atau IDE 2023. Foto bakabar.com/DF




Tak hanya itu saja, salah satu suguhan berbeda dari IDE adalah hadirnya Galeri Diorama, yang mana area ini merupakan area khusus untuk menampilkan ragam diorama khas Indonesia.

Dengan hadirnya area tersebut, hal ini menjadi sebuah komitmen untuk mendukung industri kreatif yang menjadi bagian dari industri mainan miniatur.

Baca Juga: Keseruan IMOS Jamboride Bareng Komunitas Motor Wilayah Tangerang

Pada tahun ini pula gelaran tersebut akan menghadirkan komunitas Aeromodeling dan Tamiya Race sebagai bagian hobi dan sport yang dapat menjadi literasi bagi pengunjung.

Kemudian, salah satu aktivitas lain yang sayang dilewatkan adalah bazaar diecast di mana akan ada diskon yang sangat menarik hampir di semua tenan termasuk via online di Tokopedia.

IDE 2023 juga menghadirkan tiga kompetisi untuk penghobi dan pecinta diecast di Indonesia.

Mulai dari meng-customize diecast, kompetisi reels video, serta Hot Wheels diecast race competition.

Baca Juga: Setelah GIIAS 2023, Mitsubishi XFORCE Dipamerkan di Solo dan Padang

Berikut kompetisi yang nantinya akan dihadirkan pada Indonesia Diecast Expo 2023:

- Diton Diecast Costum Competition, yang akan menjadi ajang kompetisi dan wadah kreativitas para customizer diecast.

- Hot Wheels IG Reels Competition yang menarik bagi para penggemar videografi dan diecast.

- Hot Wheels Race Competition balap diecast Hot Wheels dengan track sepanjang 15 meter yang menarik dan menantang bagi pecinta balap diecast.

Bagi pengunjung yang akan hadir, bisa melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu melalui e-commerce Tokopedia dan nantinya akan mendapatkan e-tiket untuk masuk ke area pameran.

Selain itu, bagi 2.500 pengunjung pertama IDE 2023 setiap harinya bisa mendapatkan diecast Hot Wheels yang akan diberikan secara gratis.

Editor
Komentar
Banner
Banner