Hot Borneo

Ikuti BUMDes Expo di Duta Mall, Tapin Akan Tampilkan Khas Dayak Ritual Kalakangmantit

apahabar.com, RANTAU – Berkesempatan mengikuti memeriahkan acara BUMDes Expo di Duta Mall Banjarmasin, Kabupaten Tapin akan…

Featured-Image
Prosesi ritual Kalangkangmantit di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, RANTAU – Berkesempatan mengikuti memeriahkan acara BUMDes Expo di Duta Mall Banjarmasin, Kabupaten Tapin akan menampilkan ritual Kalakangmantit.

BUMDes Expo diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yang akan diadakan pada 6-7 Agustus.

Diketahui, Ritual Kalakangmantit merupakan salah satu kebudayaan khas Dayak Mancabung di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.

Tokoh Pemuda Dayak Mancabung, Hendra Gunawan mengatakan bahwa diikutsertakan kebudayaan Dayak Mencabung sangat bagus untuk memperkenalkan kebudayaan khas Dayak di Tapin.

“Kegiatannya di Duta Mall, jadi sangat bagus. Karena akan ditonton banyak orang dan bisa kenal lebih luas,” ujar Ogun sapaan akrabnya, Selasa (2/8).

Ia menjelaskan bahwa ritual Kalakangmantik Dayak Mancabung adalah prosesi upacara adat dayak sebelum dimulainya Aruh Ganal atau Aruh Adat Dayak, khususnya di lereng Pegunungan Meratus yang ada di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.

“Ritual ini juga biasa digunakan dalam membuka acara-acara besar, di mana dalam prosesi Kalangkangmantik ini para Balian,” terangnya.

“Di mana Pinjulang Bamamang membacakan doa-doa memohon kepada Sanghiyang Batara atau Tuhan Yang Maha Esa agar prosesi acara selama kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan,” lanjutnya.

Adapun mantit merupakan nama burung yang dipercaya sebagai penghubung atau pemberi tanda kabar baik maupun buruk.

“Apabila mantit terbang dari arah kiri ke kanan. Maka itu pertanda baik,” tuturnya.

Ogun berharap dengan diikutkannya kegiatan tersebut bisa sekaligus memperkenalkan budaya Dayak yang ada di Kabupaten Tapin.

“Semoga kegiatan itu nantinya bisa berjalan dengan lancar dan meriah. Jadi sekaligus memperkenalkan budaya kita dan menarik wisatawan nantinya,” harapnya.



Komentar
Banner
Banner