IKN Smart City

IKN Menjadi 'Smart City', 4 Kota di Indonesia yang Lebih Dulu Pintar

Penerapan 'Kota Pintar' di IKN, bukan menjadi yang pertama kali, ada empat kota di indonesia yang lebih dulu melakukannya.

Featured-Image
Ilustrasi Smart City. (Foto: Perkim.id)

bakabar.com, JAKARTA –Ibu Kota Negara (IKN) dalam waktu beberapa tahun mendatang akan dipindahkan ke Kalimantan Timur. Proses pembangunannya sudah dimulai sejak Agustus 2022.

Rencananya, pemerintah akan melakukan penerapan Kota Pintar atau Smart City ke dalam seluruh pengaturan kota, mulai dari pemantauan kondisi lalu lintas, sampai dengan pemantauan dan analisa kinerja aparatur negara di dalam IKN.

Dilansir dari website Kominfo, Smart City adalah penerapan teknologi dalam ekosistem kota dalam upaya untuk mengatasi persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia berserta komunitas di dalamnnya.

Konsep tersebut bukan pertama kalinya dikembangkan di Indonesia. Ada empat kota yang sudah menjadi Smart City.

1. Jakarta

Pemeritah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penerapan yang disebut Smart City Lounge.

Konsep yang memanfaatkan teknologi untuk menjadi pusat control yang menampung masalah masyarakat kota Jakarta melalui satu palikasi, yaitu Jakarta Kini (JAKI).

Melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa melakukan pengaduan terkait masalah banjir, kemacetan, sampah, kriminalitas, pelayanan public dan pengaduan lainnya.

2. Surabaya

Konsep smart city pertama kali dipopulerkan oleh kota Surabaya dalam penerimaan Smart City Award pada tahun 2011 dari majalah Asia Tech Ecosystem.

Kota itu menerapkan konsep Smart Governance, melalui penerapan sistem keuangan digital pemerintah.

Surabaya juga mengimplementasikan teknologi dalam penerapan sistem lampu merah melalui integrasi anatara Integrated Traffic System Management (ITSM) dengan CCTV, untuk mengatur lamanya lampu berwarna merah.

3. Semarang

Penerapan Smart City di Semarang, hampir serupa dengan Jakarta. Tapi penerapannya bukan melalui aplikasi melainkan dengan website yang dapat diakses melalui smartcity.semarangkota.go.id.

Melalui website tersebut masyarakat semarang bisa melakukan pengaduan dalam satu kanal untuk masalah seperti macet, kriminalitas, pelayanan publik dan permasalahan lainnya.

Website smartcity.semarangkota.go.id mencakup banyak fasilitas seperti smart governance, smart branding, smart economi, smart living, smart society dan smart environment.

4. Bandung

Pada 2015, Bandung pernah menerima penghargaan Smart City Award dari majalah Asia Tech Ecosystem.

Kota Bandung menerapkan Smart City dengan fokus pada smart governance. Melalui penerapan tersebut, pemerintah kota bandung membangun Bandung Command Center (BCC).

Melalui BCC, pemerintah dapat mengendalikan seluruh kondisi kota, termasuk kondisi lalu lintas melalui CCTV sampai dengan Analisa dan pemantauan kinerja aparatur negara melalui aplikasi.

Editor


Komentar
Banner
Banner