Nasional

IDI Minta Pemerintah Siapkan Skenario Vaksin Dosis Ketiga untuk Masyarakat

apahabar.com, JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan agar pemerintah dapat menyiapkan skenario vaksin Covid-19 dosis…

Featured-Image
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto-Antara

bakabar.com, JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan agar pemerintah dapat menyiapkan skenario vaksin Covid-19 dosis ketiga bagi masyarakat, khususnya mereka yang telah vaksin pada periode bulan Januari-April 2021 kemarin.

“Kami usulkan juga ada skenario kedua apabila itu (target vaksinasi) tidak tercapai, sehingga yang bulan Januari, Februari, Maret, April (sudah divaksin) perlu dilakukan booster. Karena antibiodinya sudah turun,” kata Wakil Ketua Umum IDI Slamet Budiarto dalam rapat kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI, kutip Okezone.

Slamet menjelaskan, jika seandainya pemerintah melakukan penyuntikan 600 dosis vaksin kepada masyarakat setiap harinya, setidaknya butuh tujuh hingga delapan bulan untuk mencapai herd immunity.

“Kalo ini andaikan 600 ribu per hari, itu butuh tujuh sampai dalam bulan untuk terjadi herd immunity. Perlu kami sampaikan bapak ibu, sesuai analisa kami, vaksin ini dalam waktu enam bulan sampai 12 bulan ini sudah harus dilakukan booster,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini harus sudah bisa diantisipasi pemerintah. Di sisi lain jika melihat vaksinasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah belakangan ini, dia pun optimis akhir tahun herd immunity tercapai.

“Tapi klo saya melihat seminggu ini InsyaAllah di akhir tahun bisa tercapai, dan itu mungkin sebuah apresiasi untuk Kementerian Kesehatan,” tutur dia melanjutkan.



Komentar
Banner
Banner