Kalteng

IDI Kalteng Dukung Tenaga Kesehatan Disuntik Booster Moderna

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Tenaga Kesehatan (nakes) di Provinsi Kalteng mulai menjalani vaksinasi Covid-19, booster moderna,…

Featured-Image
IDI Kalteng dukung nakes suntik Booster Moderna. Foto-Ilustrasi/Antara

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Tenaga Kesehatan (nakes) di Provinsi Kalteng mulai menjalani vaksinasi Covid-19, booster moderna, Jumat 6 Agustus lalu.

Kadis Kesehatan Kalteng dr Suyuti Syamsul menjelaskan, untuk vaksin booster moderna hanya untuk nakes, karena berada di episentrum penyebaran.

“Total nakes yang mendapat vaksin ini sebanyak 14.000 orang, yang ada di rumah sakit dan faskes lainnya,” kata Suyuti, Minggu (8/8).

Menurutnya dari target 2.036. 104 sasaran, realisasi vaksinasi untuk tahap 1 mencapai mencapai 22, 12 persen atau 450.444 orang. Sedangkan tahap 2, 13, 13 persen atau 267.415 orang.

Sementara itu Sekertaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng dr Tagor Sibarani sangat mendukung vaksinasi moderna yang dikhususkan untuk booster bagi nakes.

Hal itu sebagai perhatian pemerintah bagi nakes sebagai garda terdepan dan sebagai bagian dari masyarakat.

“Dengan menjaga mereka salah satu memberi booster vaksinasi utk immunitasnya mereka bisa tetap melayani pasien-pasien,”pungkasnya.

Ibaratnya, bila nanti nakes tidak diproteksi lalu banyak yang sakit, maka tidak bisa dipungkiri layanan kesehatan pun pasti terkendala dan pasien pun akan sulit untuk dilayani.

Apalagi dari perspektif ilmiah, para ahli berpendapat bahwa bulan ke 6 paska vaksinasi 1 dan 2, ditemukan penurunan antibodi sehingga booster moderna ini juga teramat penting.



Komentar
Banner
Banner