Tak Berkategori

HUT 49 PDAM Bandarmasih, Wali Kota Banjarmasin: Harus Berikan Keuntungan

apahabar.com, BANJARMASIN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan syukuran Hari Ulang…

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina saat menghadari acara HUT PDAM Bandarmasih. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke 49 tahun.

Pelaksanaan dilakukan di Aula PDAM Bandarmasih pada Kamis (17/2/2022).

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan PDAM Bandarmasih harus semangat melayani kebutuhan pelanggan dalam masa pandemi Covid-19. Layanan terbaik untuk para pelanggan wajib dilakukan PDAM Bandarmasih.

"Tetapi kinerja perusahaan harus bisa memberikan keuntungan, walaupun turun, tapi kami bisa memahami itu," ujarnya.

Ibnu juga menekankan rencana bisnis dan investasi PDAM Bandarmasih bisa berjalan lancar tanpa hambatan di tahun 2022. Hal ini untuk memperbaiki kualitas layanan dan kuantitas air bersih terhadap pelanggan.

Khusus pelanggan yang berada di pelosok Banjarmasin, seperti kawasan Banjarmasin Barat.

"Perlu ada tambahan pasokan dan kemudian tekanan air perlu ditambah sampai ke ujung, sehingga bisa terlayani dengan baik," ucapnya.

PDAM Bandarmasih, kata dia juga merencanakan memperpanjang pelayanan air bersih hingga kawasan Sungai Andai, Banjarmasin Utara.

"Dibangun apakah reservoir atau intake, tapi yang penting perbaikan untuk layanan kita," imbuhnya.

Selain itu, Ibnu berkeinginan untuk status badan hukum PDAM Bandarmasih secepatnya berubah ke Perusahaan Perorangan Daerah (Perseroda). Upaya ini untuk rencana bisnis, investasi dan suntikan penyertaan modal PDAM Bandarmasih bisa direalisasi.

"Sudah evaluasi akhir dari provinsi, emang ketok palu dewan yang terakhir untuk bisa disahkan Perseroda," ucapnya.

Ibnu pun mengharapkan perubahan status badan hukum PDAM Bandarmasih bisa segera terealisasi.

"Bulan ini mudah-mudahan, sehingga tidak sampai ke triwulan pertama sudah bisa implementasi sehingga perusahaan mengatur sesuai badan hukum yang baru," katanya.

Direktur Utama PDAM Bandarmasih Ir Yudha Achmady menyampaikan tetap konsisten memberikan pelayanan terhadap masyarakat di HUT ke 49 tahun. Caranya, ia memaparkan bahwa akan melakukan sederet pemasangan instalasi pipa baru maupun memperbaikinya.

"Karena banyak wilayah kita yang terganggu distribusi airnya. Banjarmasin Barat dan Utara sebagian, kami komitmen ingin menuntaskan itu," ujarnya.

PDAM Bandarmasin, lanjut dia bahwa merencanakan pemasangan pipa dari Pramuka, Banua Anyar hingga kawasan Sungai Andai. Menurutnya kawasan Sungai Andai merupakan daerah dominan terganggunya distribusi air bersih jika terjadi kebocoran.

"Termasuk juga Banjarmasin Barat, memang semua ini memerlukan biaya yang tidak sedikit," katanya.

PDAM Bandarmasih sangat membutuhkan bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda), terutama komitmen Wali Kota Banjarmasin.

"Apakah itu dalam bentuk kebijakan ataupun penyertaan modal. Itu untuk menjalankan rencana kita," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner