prakiraan cuaca kalsel

Hujan Merata di Seantero Kalsel, Barabai Siaga Banjir

Berikut kondisi cuaca Kalimantan Selatan yang diprakirakan hujan di seluruh kawasan, Senin (27/2).

Featured-Image
Potensi luapan air Sungai Barabai imbas intensitas hujan lebat masih membayangi wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebagian wilayah Kalimantan Selatan kembali berpotensi hujan pada hari ini, Senin (27/2). Hujan ringan sudah turun sejak pagi di Banjarmasin, Banjarbaru dan Tanah Bumbu.

Demikian pula di Kotabaru, Barito Kuala, Banjar, Tanah Laut dan Tapin. Memasuki siang hari, giliran hujan petir yang melanda Banjarbaru, Banjarmasin, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Barito Kuala, Banjar dan Tapin.

Dalam waktu bersamaan, hujan ringan terjadi di Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Laut dan Tabalong.

Baca Juga: Peringatan Dini, Jakarta Waspada Hujan Berpetir

Kemudian malam hari, seluruh kawasan akan dipayungi mendung, sebelum hujan beserta petir mengguyur dini hari di Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Laut dan Tabalong.

Sedangkan dini hari di Banjarbaru, Banjarmasin, Hulu Sungai Selatan, Barito Kuala, Banjar dan Tapin diwarnai hujan sedang.

Cuaca yang basah sepanjang pagi hingga dini hari itu membuat temperatur berkisar antara 23 hingga 31 derajat celcius. Sedangkan kelembaban mulai 65 hingga 100 persen.

Lima Kecamatan Diterjang Banjir

Banjir Kalsel
Banjir di Desa Pengaron, Kabupaten Banjar, Minggu (26/2) pagi ini. Foto: Dok.apahabar

Dari Barabai, pusat daripada Kabupaten Hulu Sungai Tengah, lima wilayah kecamatan di kabupaten Pegunungan Meratus itu baru saja diterjang banjir imbas intensitas hujan dan luapan Sungai Barabai.

Data Pusdalops BPBD HST per Minggu (27/2) sampai pukul 16.00, terdapat 10 desa di lima kecamatan terdampak banjir. Lebih rinci, sebanyak 1.410 rumah, 1.497 kepala keluarga dengan 4.181 jiwa terdampak banjir HST.

Baca Juga: Main Hujan, Bocah Tewas Tersetrum di Martapura

Begitupun dengan fasilitas umum, yakni 11 sekolah, 1 puskesmas, 11 tempat ibadah, dan 1 kantor. "Banjir mulai surut, semoga tidak ada hujan susulan," jelas Kepala Pelaksana BPBD HST Budi Hariyanto.

Daerah terdampak bencana banjir di kecamatan Haruyan, mengutip laporan Antara, meliputi Desa Pangambau Hilir, dengan ketinggian sekitar 10-40 cm.

Kemudian, Desa Haruyan 5-10 cm, Desa Haruyan Seberang dengan ketinggian 25-50 cm, sedangkan di Kecamatan Barabai air merendam Desa Mandingin sekitar 10-15 cm

Begitu pula di wilayah Kelurahan Barabai Timur, Mandingin, Jalan Ulama, Kemasan, Pasar Dua dan sekitar Jalan Kemasan serta Benawa Tengah dengan ketinggian air sekitar 10-40 cm.

Sedangkan di wilayah kecamatan Batu Benawa yaitu Desa Aluan Besar dan Paya Besar dengan ketinggian air sekitar 10-40 cm yang telah menggenangi jalan serta pemukiman warga.

Warga Desa Haruyan, Khairil, menyebutkan air mulai naik ke rumahnya sekitar pukul 03.00 Wita dini hari tadi dan ia langsung merapikan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

Editor


Komentar
Banner
Banner