Nasional

Hore! 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

apahabar.com, JAKARTA – Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai AstraZeneca mendarat di Bandar Udara…

Featured-Image
1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Foto-Instagram

bakabar.com, JAKARTA – Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai AstraZeneca mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa (9/3) pagi.

Kabar tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun resmi Instagramnya.

"Selamat pagi. Sebuah pesawat maskapai KLM mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang petang kemarin, membawa 11.136 karton yang berisi 1,1 juta dosis vaksin siap pakai AstraZeneca," tulis Presiden Jokowi.

Vaksin tersebut, kata dia, dibuat oleh perusahaan farmasi Inggris bekerja sama dengan Oxford University.

"Ini adalah pengiriman awal vaksin yang kita peroleh melalui skema kerja sama multilatelar, dan tahap keenam pengiriman vaksin pemerintah Indonesia," kata Jokowi.

Melalui skema ini, sambung dia, secara keseluruhan pada tahap pertama Indonesia akan memperoleh 11,7 juta dosis vaksin.

"Dalam skema multilateral ini pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI), WHO, UNICEF, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), dan berbagai pihak lain lewat inisiatif Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility," terang Jokowi.

Menurutnya, inisiatif global ini bertujuan untuk mengupayakan kesetaraan akses terhadap vaksin Covid-19 untuk seluruh negara.

Sebelumnya pemerintah Indonesia juga telah mendatangkan 38 juta dosis vaksin Covid-19 dari perusahaan Sinovac, untuk program vaksinasi massal secara gratis bagi 181,5 juta penduduk Indonesia.



Komentar
Banner
Banner