Hot Borneo

Hilal Belum Nongol, Kemenag Kalsel Tunggu Sidang Isbat

apahabar.com, BANJARMASIN – Hilal berpotensi tidak tampak di Kalimantan Selatan. Dalam pemantauan yang dilakukan di atap…

Featured-Image
Proses pemantauan hilal di Kalsel yang dilaksanakan Kementerian Agama. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Hilal berpotensi tidak tampak di Kalimantan Selatan.

Dalam pemantauan yang dilakukan di atap Kantor Bank Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, posisi hilal diperkirakan berada di bawah dua derajat.

“Jadi kurang satu derajat,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel, Muhammad Tambrin, Jumat (1/4).

Pada penentuan awal Ramadan 2022 Kementerian Agama (Kemenag) RI memberlakukan kriteria imkanur rukyat Neo-MABIMS (Musyawarah Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Yakni, tinggi hilal 3 derajat dan elongasi bulan 6,4 derajat. Sebelumnya, hanya 2 derajat.

Karena kondisi ini, pihaknya masih menunggu sidang isbat yang dilakukan Kemenag RI dalam menentukan 1 Ramadan 1443 Hijriah.

Dia menambahkan lokasi pemantauan hilal di Kalsel juga dilakukan di Sungai Buluh, Hulu Sungai Tengah (HST). Itu sesuai arahan Tuan Guru Muhammad Bakhiet Al Banjari.

"Beliau menyarankan kepada kita, ambil titik hilal di sana karena dulu orang orang dari pondok pesantren membawa ahli hisab. Tidak hanya rukyatul hilal secara pengelihatan, tapi juga batin," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner