Hot Borneo

Heboh Benda Antik di Sungai Rangas Banjar, Arkeolog: Banyak Diproduksi Industri Keramik

Keaslian benda antik yang ditemukan di Sungai Rangas Tengah, Banjar masih diragukan. 

Featured-Image
Sejumlah benda antik yang ditemukan warga di Sungai Rangas Tengah, Kabupaten Banjar. Foto- apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Keaslian benda antik yang ditemukan di Sungai Rangas Tengah, Banjar masih diragukan. 

Arkeolog Kalsel pun memastikan temuan barang yang disebut benda antik itu bukan peninggalan kerajaan di masa lalu.

Barang-barang tersebut ditemukan Masroni, warga Sungai Rangas Tengah, di aliran sungai setempat. Temuan ini sontak menghebohkan warga sekitar, hingga kawasan lain yang terdekat. 

Tak sedikit warga yang beranggapan kalau benda temuan Masroni merupakan peninggalan kerajaan. Akhirnya mereka pun mulai berdatangan untuk mendapatkan khasiat benda itu.

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), barang-barang tersebut bukan peninggalan kerajaan.

"Temuan tersebut tidak masuk dalam kategori cagar budaya," papar peneliti arkeologi BRIN, Hartatik. 

"Terkait fakta-fakta penemuan tersebut, Bupati Banjar yang akan mengumumkan langsung," imbuhnya.

Melalui penelitian yang telah dilakukan, arkeolog BRIN juga menganalisis teknik pembuatan. Disimpulkan bahwa jenis dan pola hias meniru keramik lama, tetapi menggunakan teknik glasir kekinian.

Bahkan arkeolog menyebut cara penemuan merupakan motif ekonomi agar benda-benda antik itu bisa terjual mahal.

"Malah benda-benda seperti itu banyak diproduksi oleh industri keramik di Singkawang, Malang dan Banyumas," imbuh Hartatik.

Kehebohan temuan benda antik yang membuat banyak warga datang meminta berkah, juga memantik respons Majelis Ulama (MUI) Kalsel.

"Memercayai atau meyakini suatu benda memiliki kekuatan yang memengaruhi kehidupan, baik keberhasilan maupun kegagalan, sangat dilarang dalam Islam. Keyakinan ini membawa kepada syirik, dosa besar yang tak diampuni," tegas Hafiz Anshari, Wakil Ketua MUI Kalsel.

"Kami mengimbau masyarakat khususnya di Kalsel, untuk tidak mudah memercayai benda-benda antik. Perkuat iman dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah Pencipta, sehingga tak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang tidak benar dan menyesatkan," tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner