Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Satlantas Polres Banjarbaru Rancang Rekayasa Lalu Lintas

apahabar.com, BANJARBARU – Haul Guru Sekumpul tinggal menghitung hari. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjarbaru pun…

Featured-Image
Padatnya arus lalu lintas saat Hual Guru Sekumpul ke-14. Foto-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Haul Guru Sekumpul tinggal menghitung hari. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjarbaru pun mengatur lalu lintas.

“Terkait kesiapan haul tersebut mungkin akan ada sedikit berbeda dengan haul sebelumnya. kalau haul sebelumnya kita sudah melakukan yang namanya One Way (satu arah) sistem hanya di sepanjang jalan Mistar Cokrokusumo. Tahun ini sedikit banyak kita melakukan One Way-nya,” ujar Kasatlantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf A Mamuaya, Rabu (26/2) siang.

Pada haul kali ini, One Way sistem akan dilakukan di sepanjang Jalan A Yani dan Jalan Mistar Cokrokusumo. Hal ini diterapkan guna mengantisipasi membludaknya jamaah dari arah kedatangan dan kepulangan.

“Yang paling banyak mengalami perubahan sebenarnya sewaktu kepulangan nanti. Karena kedatangan diprediksi tidak begitu padat,” katanya.

Rekayasa lalu lintas One Way sendiri dikatakannya akan diberlakukan pasca-haul.

“Untuk kedatangan atau hari pertama jalur masih kita berlakukan normal. Tidak ada penutupan yang berskala besar. Karena dilihat dari pengalaman tahun lalu tidak begitu padat,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Gustaf ini juga membeberkan beberapa titik yang diberlakukan One Way. “Adapun, di Jalan A Yani yang untuk jalur One Way diatur sejak malam. Yang mana, jemaah yang beniat pulang menggunakan jalur A Yani dari Bundaran Simpang 4 Banjarbaru menuju bundaran Bandara Syamsudin Noor di Landasan Ulin hanya boleh satu arah,” jelesnya.

Lalu, lanjutnya, untuk pemberlakuannya selama empat jam. Dari pukul 20.00 hingga 24.00 Wita. “Jadi nanti, jemaah yang keluar dari Sekumpul akan diarahkan menuju Banjarmasin. Nanti bisa menggunakan lajur kiri maupun kanan,” paparnya.

Sedangkan untuk jemaah yang arah pulangnya menuju wilayah Tanah Laut dan melewati Jalan Mistar Cokrokusomo juga akan menikmati rekayasa jalan One Way. “Diterapkan dari bundaran Simpang 4 Banjarbaru menuju arah Cempaka, sama halnya dengan di A Yani, di jalan HM Cokrokusomo juga diterapkan One Way dari bundaran (simpang 4 Banjarbaru),” jelas Gustaf lagi.

Namun untuk jemaah yang arah pulangnya menuju Banua Enam. Maka arus lalin yang diterapkan berlaku normal. “Apabila ada jemaah arah Banua Enam yang terlanjur masuk ke arus tujuan Banjarbaru maka juga ada alternatif lain yang disiapkan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, ia mengimbau untuk jemaah dari arah Hulu Sungai agar tidak memarkir kendaraannya di wilayah Banjarbaru. “Karena jemaah bisa langsung pulang ke arah Hulu Sungai. Kalaupun terlanjur (parkir di wilayah Banjarbaru), nanti kita arahkan lewat KM 17 yang juga ada jalur alternatif,” tegasnya.

Rekayasa lalu lintas ini sendiri dikatakannya telah dikoordinasikan kepada Dinas Perhubungan dan relawan Haul.

Guna menyukseskan pengaturan arus lalu lintas, Satlantas Polres Banjarbaru akan menurunkan seluruh personelnya yang akan bergabung dengan petugas maupun relawan lainnya.

“Karena pelaksanaannya beberapa hari, jadi nanti dibagi beberapa sesi. Yang jelas kita kerahkan seluruhnya, baik petugas maupun armada,” pungkasnya

Untuk diketahui, pada Haul Guru Sekumpul ke-15 ini, diprediksi akan didatangi jutaan jamaah. Dilihat dari beberapa kali pelaksanaan, jamaah datang dari berbagai daerah.

Baca Juga: Sukseskan Haul Sekumpul ke-15, PLN Perkuat Sistem Pengamanan Listrik

Baca Juga:Sampah Pasca-Haul Diprediksi Sampai 700 Ton

Baca Juga:Jelang Haul Guru Sekumpul, Ratusan ASN Pemprov Kalsel Jadi Petugas Kebersihan

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul, Ratusan Sapi yang Disembelih Kesehatannya Terjamin

Baca Juga:Habib Fathurrahman Gagas Jalan Kaki dari Banjarmasin Menuju Haul Guru Sekumpul

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner