Pemkab Banjar

Hasil Survei, 99.5 Persen Warga Banjar Punya Kekebalan Tubuh Tangkal Covid-19

Hasil survei, hampir 100 persen warga Kabupaten Banjar memiliki tingkat kekebalan tubuh tangkal Covid-19.

Featured-Image
Kadinkes Banjar saat jadi pembina apel kerja gabungan Pemkab Banjar, di halaman kantor bupati, Senin (27/2). foto-MC Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Hasil survei, hampir 100 persen warga Kabupaten Banjar memiliki tingkat kekebalan tubuh tangkal Covid-19. Diketahui melalui Sero Survey (survei darah), dengan tiga kali melakukan pengambilan darah.

"Terakhir Januari 2023, hasilnya 99,5 persen masyarakat Kabupaten Banjar telah terbentuk antibodinya," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Yasna Khairina, saat jadi pembina apel kerja gabungan di halaman kantor Bupati Banjar, Senin (27/2/2023).

Menurutnya, terbentuknya kekebalan tubuh warga Kabupaten Banjar tersebut karena sudah melakukan vaksinasi. Selain itu, juga secara alami karena pernah terjangkit Virus Covid-19.

Kendati demikian, Yasna mengatakan meski pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah dihentikan, ia mengingatkan status pandemi Covid-19 masih berlaku.

"Pandemi selesai jika sudah dinyatakan secara resmi oleh organisasi kesehatan dunia WHO," ujar Yasna.

Ia melanjutkan, saat ini masih dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi. Agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus, tetap wajib menjaga protokol kesehatan.

"Tetap memakai masker dengan benar dalam keadaan kerumunan dan keramaian aktivitas masyarakat di dalam gedung atau ruangan tertutup dan sempit, termasuk dalam transportasi publik," jelas Yasna.

Baca Juga: Darurat Banjir, BNPB Serahkan Bantuan ke Pemkab Banjar Ratusan Juta

Editor


Komentar
Banner
Banner