Riset IPhone 14

Hasil Riset: iPhone 14 Series Paling Mengecewakan, Alasannya Terungkap

Sebuah riset menyebut iPhone 14 sebagai produk yang paling mengecewakan dibanding pendahulunya.

Featured-Image
iPhone 14 dan iPhone 14 Plus kini memiliki warna spesial yakni yellow edition, melengkapi koleksi yang sudah ada sebelumnya. Foto: dok. slashgear

bakabar.com, JAKARTA - Sebuah riset menyebut bahwa iPhone 14 sebagai produk yang paling mengecewakan dibanding pendahulunya.

Bahkan, seri tersebut kalah kepuasannya sejak kelahiran seri iPhone 5 hingga yang terbaru, yakni iPhone 14.

Riset yang dilakukan oleh PerfectRec itu merangkum kepuasan ratusan ribu pengguna iPhone.

Hasilnya, tingkat kepuasan pelanggan iPhone menjadi yang terendah sejak tahun 2012 lalu.

"Kami menemukan bahwa sejak tahun 2012-2021, dimulai dari seri iPhone 5, konsumen selalu menilai setiap iPhone generasi baru lebih baik dari generasi sebelumnya," ungkap PerfectRec di situs resminya, dikutip Rabu (17/5).

Baca Juga: Bocoran Terbaru iPhone 16 Pro, Punya Layar Besar hampir 7 Inci

"Namun, itu berubah di seri iPhone 14 yang dirilis pada September 2022. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir, ulasan pelanggan menurun tajam dari generasi sebelumnya," tambahnya.

Kekecewaan tersebut tidak hanya terpancar dari iPhone 14 reguler, melainkan seri iPhone 14 lainnya seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Untuk iPhone 14, skor kepuasan yang didapat adalah 72 persen, angka yang lebih rendah dibanding pendahulunya.

Sementara iPhone 14 Pro hanya mendapat skor kepuasan 76 persen, dibanding pendahulunya yang meraih skor di atas 80 persen.

Baca Juga: Ada Promo iPhone 12 hingga iPhone 14 di iBox, Cek Harga Terbarunya

Sementara itu, iPhone 14 Pro Max mendapat skor kepuasan sebanyak 80 persen, yang masih lebih rendah daripada iPhone 13 Pro Max (86 persen), dan iPhone 12 Pro Max (82 persen).

iPhone 5 sendiri mendapat skor kepuasan sebanyak 65 persen, dengan tren kepuasan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Tetapi tidak dengan seri iPhone 14.

Menurut PerfectRec, penurunan kepuasan tersebut disebabkan oleh peningkatan fitur di iPhone 14 series yang tidak memenuhi harapan pengguna setianya.

"Tidak adanya fitur baru yang signifikan untuk dimiliki. Para konsumen juga tidak melihat peningkatan sebagai sesuatu yang spesial, sehingga tidak banyak yang memberikan ulasan bintang lima," ungkapnya.

Baca Juga: Apple Kembangkan Chipset M3, Simak Spesifikasinya

Selain itu, Apple juga membenamkan teknologi yang sama pada iPhone 14, yang sebenarnya sudah ada di seri iPhone 13.

Sebut saja chipset yang sama antara iPhone 13 Pro dengan iPhone 14 reguler, dan juga refresh rate yang juga sama.

Bahkan, alih-alih menyegarkan teknologinya, baru di seri iPhone 14 Pro lah pengguna bisa mendapatkan fitur baru yang dinamakan "dynamic island".

Editor


Komentar
Banner
Banner