Sport

Hasil MotoGP Spanyol: Jack Miller Juara, Marc Marquez Finis Kesembilan

apahabar.com, JAKARTA – Kesabaran Jack Miller berbuah manis. Pebalap Lenovo Ducati ini menjuarai MotoGP Spanyol di…

Featured-Image
Jack Miller menjuarai MotoGP Spanyol, sekaligus memberi Ducati Lenovo kemenangan perdana di musim 2021. Foto: Twitter

bakabar.com, JAKARTA – Kesabaran Jack Miller berbuah manis. Pebalap Lenovo Ducati ini menjuarai MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5).

Jack Miller memulai balapan dengan baik, karena langsung melesat ke urutan terdepan selepas start. Demikian pula Franco Morbidelli yang diikuti Francesco Bagnaia.

Sedangkan Fabio Quartararo yang meraih pole position, turun ke urutan keempat dan dibuntuti Aleix Espargaro, Joan Mir, Takaaki Nakagami, Maverick Vinales, serta Johann Zarco melengkapi sepuluh besar.

Alex Rins menjadi pebalap pertama yang mengalami crash. Pebalap Suzuki Ecstar ini terjatuh di lap 3, kendati masih bisa bangkit dengan cepat dan kembali membalap.

Dalam waktu bersamaan, Fabio Quartararo berhasil naik ke peringkat kedua dan menempel Jack Miller. Satu lap berselang, pebalap berjuluk El Diablo itu berhasil memimpin.

Memasuki lap 7, Fabio Quartararo berhasil menjauh dari kejaran Jack Miller dengan selisih waktu 0,673 detik. Di sisi lain, Marc Marquez juga merangkak ke urutan sebelas.

Balapan menyelesaikan 10 lap, Fabio Quartararo terbilang nyaman di depan dengan selisih 1,246 detik atas Jack Miller di peringkat kedua.

Posisi selanjutnya ditempati Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami, Joan Mir, Maverick Vinales, Johann Zarco.

Pol Espargaro melengkapi sepuluh besar, tetapi dikuntit dengan jarak cukup dekat oleh Marc Marquez yang tampak begitu berhati-hati melakukan manuver.

Sementara Brad Binder mengakhiri balapan lebih cepat. Pebalap Red Bull KTM ini terjatuh di lap 14 atau insiden kedua setelah di lap 7.

11 lap tersisa, persaingan juara terbuka lagi. Perlahan Jack Miller berhasil mendekati Fabio Quartararo yang tampaknya bermasalah dengan ban belakang.

Malah di lap 16, Jack Miller tanpa kesulitan melakukan overtake di tikungan 6 untuk kembali memimpin balapan. Namun jarak kedua pebalap masih 0,549 detik.

Situasi Fabio Quartararo semakin memburuk, karena melorot ke urutan ketiga akibat ditelikung Francesco Bagnaia di lap 18.

Tak sampai 2 detik kemudian, giliran Franco Morbidelli yang menyalip pimpinan klasemen sementara pebalap tersebut.

Bahkan di lap 20, Fabio Quartararo tak berkutik ketika berturut-turut disalip Takaaki Nakagami, Joan Mir, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Johann Zarco dan Marc Marquez.

Sedangkan di depan, Jack Miller mulai menjauh dan menciptakan jarak 1,897 detik atas Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli yang bersaing memperebutkan podium kedua.

Hingga balapan berakhir, Jack Miller tetap berada di depan dan meraih kemenangan kedua sepanjang karir setelah MotoGP Belanda 2016.

Francesco Bagnaia mengamankan peringkat kedua, sekaligus memberi podium satu dua untuk Ducati Lenovo.

Berturut-turut kemudian Franco Morbidelli, Takaaki Nakagami, Joan Mir, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Johann Zarco, Marc Marquez dan Pol Espargaro di jajaran sepuluh besar.

Berikut hasil lengkap MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez:

1. Jack Miller (Ducati Lenovo)
2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
4. Takaaki Nakagami (LCR Idemitsu Honda)
5. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
6. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
7. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha)
8. Johann Zarco (Pramac Ducati)
9. Marc Marquez (Repsol Honda)
10. Pol Espargaro (Repsol Honda)
11. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
12. Stefan Bradl (Honda Racing Company)
13. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
14. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
15. Iker Lecuona (KTM Tech3)
16. Luca Marini (VR46 Avintia Ducati)
17. Valentino Rossi (Petronas Yamaha)
18. Tito Rabat (Pramac Ducati)
19. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini)
20. Alex Rins (Suzuki Ecstar)



Komentar
Banner
Banner