Sport

Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Juara, Langsung Pimpin Klasemen

apahabar.com, ALGARVE – Tampil konstan sejak awal, Fabio Quartararo memenangi MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Minggu…

Featured-Image
Fabio Quartararo memenangi MotoGP Portugal yang merupakan seri Eropa pertama di musim 2022. Foto: Crash

bakabar.com, ALGARVE – Tampil konstan sejak awal, Fabio Quartararo memenangi MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Minggu (24/4) malam.

Balapan sebenarnya diawali aksi apik Joan Mir yang langsung memimpin selepas start. Fabio Quartararo di urutan kedua, diikuti Jack Miller, Alex Marquez, Johan Zarco dan Miguel Oliveira.

Sebaliknya Aleix Espargaro terlempar dari grid depan ke urutan enam. Jorge Martin dan Marc Marquez juga tak kalah buruk, karena melorot ke peringkat start.

Baru lap 4, posisi pebalap terdepan berubah. Fabio Quartararo memanfaatkan trek lurus untuk mengambil alih posisi terdepan dari Joan Mir.

Jorge Martin menjadi pebalap pertama yang mengalami crash. Rider Pramac Ducati ini terjatuh di tikungan 7 lap 6.

Sebaliknya di posisi terdepan, Fabio Quartararo mulai membuat jarak dengan Joan Mir di peringkat kedua menjadi 1,158 detik.

Duel ketat terjadi barisan ketiga yang melibatkan empat pebalap. Aleix Espargaro, Alex Rins, Alex Marquez dan Miguel Oliveira bersaing memperebutkan posisi kelima.

Namun memasuki lap 9, Aleix Espargaro berhasil menduduki peringkat kelima, diikuti Alex Rins, Miguel Oliveira dan Alex Marquez.

Sementara Joan Mir yang mulai tertinggal 2,095 detik dari Fabio Quartararo di lap 10, justru mulai didekati Johann Zarco.

Enea Bastianini menjadi pebalap berikut yang harus mengakhiri balapan lebih cepat. Pemimpin klasemen sementara ini terjatuh di lap 10.

Rins Diseruduk Miller

Memasuki lap 17, Joan Mir gagal mempertahankan peringkat kedua, setelah disalip Johann Zarco di ujung trek lurus. Sedangkan Fabio Quartararo semakin nyaman memimpin dengan gap time 5,165 detik.

Ironisnya Joan Mir juga harus out dari balapan di lap 21 atau 5 putaran tersisa. Juara MotoGP 2020 ini terkena jatuhan motor Jack Miller yang berusaha menyalip di ujung trek lurus.

Keuntungan pun diperoleh Aleix Espargaro yang mengklaim peringkat ketiga, diikuti Alex Rins, Miguel Oliviera, Alex Marquez, Marc Marquez, Pol Espargaro, Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales di jajaran sepuluh besar.

Di lap terakhir, terjadi duel sengit antara Alex Marquez dan Marc Marquez untuk mendapatkan posisi keenam. Hingga balapan berakhir, kematangan mengantar sang kakak memenangi persaingan itu.

Sedangkan Fabio Quartararo tetap finis terdepan, diikuti Johan Zarco dan Aleix Espargaro. Hasil ini juga membuat pebalap Yamaha Monster Energy tersebut memimpin klasemen sementara pebalap dengan 69 poin.

Namun perolehan poin Fabio Quartararo masih sama dengan Alex Rins yang berhasil finis keempat di Sirkuit Algarve.



Komentar
Banner
Banner