Sport

Hasil MotoGP Austria 2021: Diganggu Hujan, Brad Binder Juaranya

apahabar.com, SPIELBERG – Kejutan terjadi di MotoGP Austria, Minggu (15/8). Diwarnai hujan di lap-lap akhir, Brad…

Featured-Image
Brad Binder memanfaatkan hujan untuk memenangi MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8). Foto: GP One

bakabar.com, SPIELBERG – Kejutan terjadi di MotoGP Austria, Minggu (15/8). Diwarnai hujan di lap-lap akhir, Brad Binder sukses menjadi juara.

Balapan sudah berlangsung ketat sejak awal, ketika Jorge Martin kehilangan posisi pole, karena diambil Francesco Bagnaia.

Sedangkan Fabio Quartararo yang memulai balapan dari urutan kedua, melebar di tikungan pertama dan melorot tiga posisi.

Lap pertama berakhir, posisi lima terdepan diisi Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Marc Marquez dan Jorge Martin.

Memasuki lap 3, marshal mengibarkan bendera putih sebagai pertanda gerimis mulai turun. Terdapat kemungkinan balapan dilakukan secara flag to flag alias pergantian motor di tengah lomba.

Jorge Martin mulai merangsek di lap 4 dengan menyalip Marc Marquez. Rookie Ducati Pramac ini berhasil menempati peringkat kedua.

Dalam waktu hampir bersamaan, Fabio Quartararo mengambil posisi keempat dari tangan Johann Zarco.

Joan Mir yang sepekan lalu finis kedua di MotoGP Styria, tampak cukup kesulitan. Pebalap Suzuki Ecstar ini tertahan di urutan enam di belakang Jack Miller.

Duel seru terjadi di lap 7, ketika Fabio Quartararo berhasil mengambil posisi Jorge Martin dan Marc Marquez sekaligus guna menduduki peringkat kedua

Memasuki lap 9, Fabio Quartararo berhasil menyalip Francesco Bagnaia. Namun di trek lurus, Francesco Bagnaia dapat kembali ke posisi terdepan.

Fabio Quartararo membukukan lap tercepat dengan 1 menit 24,452 detik, ketika balapan sudah memasuki paruh kedua.

Namun pebalap Monster Energy Yamaha itu belum mampu mendekati Francesco Bagnaia di depan, maupun meninggalkan Marc Marquez lebih jauh di urutan kedua.

Sementara posisi berikutnya ditempat Jorge Martin, Johann Zarco, Jack Miller, Joan Mir, Brad Binder, Aleix Espargaro, dan Miguel Oliveira melengkapi sepuluh besar.

10 lap tersisa, Johan Zarco terpaksa menyelesaikan balapan lebih cepat. Pebalap Ducati Pramac ini terjatuh di tikungan 9.

Joan Mir pun mendapat keuntungan. Setelah menyalip Jack Miller, juara bertahan MotoGP ini menempati urutan kelima.

Barisan terdepan juga berganti. Akibat terlambat mengerem, Fabio Quartararo melebar di tikungan, sehingga Marc Marquez dengan mudah mengambil posisi kedua.

Marc Marquez yang berjudi dengan ban depan soft dan belakang hard, perlahan mulai dapat mendekati Francesco Bagnaia. Hanya cuaca mulai tak bersahabat, karena awan hitam mulai mengelilingi sirkuit.

5 lap tersisa, keputusan mengejutkan dilakukan Jack Miller dan Alex Rins. Mereka masuk pit dan mengganti motor yang sudah menggunakan ban basah.

Sementara di trek, enam pebalap terdepan dalam posisi merapat. Namun Marc Marquez berhasil mengambil posisi terdepan dan hujan perlahan mulai turun.

Satu lap berselang, akhirnya Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Jorge Martin dan Jack Miller beriringan masuk pit. Sedangkan Brad binder memilih melaju dan sementara memimpin balapan.

Valentino Rossi yang tidak masuk pit, melesat ke peringkat ketiga atau di belakang Aleix espargaro. Posisi empat ditempati Iker Lecouna dan Marc Marquez di urutan lima.

Balapan tersisa 2 lap, Marc Marquez malah terjatuh. Imbasnya pebalap Repsol Honda ini langsung melorot ke urutan paling belakang.

Memasuki lap terakhir, Brad Binder masih bertahan di barisan depan dengan ban seadanya. Bahkan pebalap Red Bull KTM ini tetap memimpin hingga balapan berakhir.

Francesco Bagnaia yang sudah mengganti ban, merangsek dengan melewati lima pebalap sekaligus untuk finis kedua.

Jorge Martin, Jack Miller, Luca Marini, Iker Lecouna, Fabio Quartararo, Valentino Rossi, Alex Marquez, dan Aleix Espargaro melengkapi jajaran sepuluh besar.

Ini merupakan kemenangan kedua Brad Binder di kelas primer. Sebelumnya pria kelahiran Afrika Selatan ini menjuarai MotoGP Republik Ceko 2020.

Berikut hasil lengkap MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring

1. Brad Binder (Red Bull KTM)
2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
3. Jorge Martin (Pramac Ducati)
4. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
5. Luca Marini (VR46 Avintia Ducati)
6. Iker Lecuona (KTM Tech3)
7. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
8. Valentino Rossi (Petronas Yamaha)
9. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)
10. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
11. Jack Miller (Ducati Lenovo)
12. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
13. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
14. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
15. Marc Marquez (Repsol Honda)
16. Pol Espargaro (Repsol Honda)
17. Cal Crutchlow (Petronas Yamaha)



Komentar
Banner
Banner